Wow Fakta Mengejutkan Tentang Bakteri yang Menguntungkan dalam Tubuh Manusia

Bakteri yang Menguntungkan
Wow Fakta Mengejutkan Tentang Bakteri yang Menguntungkan dalam Tubuh Manusia - Hidup berdampingan secara harmonis dengan semua makhluk adalah standar hidup manusia yang sesungguhnya, begitu juga dengan mikro organisme atau bakteri yang jumlahnya trilyunan dalam tubuh. Bakteri adalah sahabat manusia sejak dilahirkan, jangan pernah takut dengan bakteri. Juga jangan pernah menganggap bakteri sebagai musuh yang harus dibunuh. Walaupun mereka hidup di dalam tubuh dan tak tampak oleh mata kepala kita, perlakukanlah bakteri seperti layaknya makhluk hidup yang tampak di sekitar manusia.

Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan tentang bakteri yang menguntungkan dalam tubuh manusia dari sudut pandang yang berbeda:
  1. Bakteri adalah makhluk hidup yang ada dalam tubuh manusia. Ada koloni bakteri yang menguntungkan bagi tubuh dan ada yang merugikan. Dalam tubuh manusia sebagai inangnya, mereka saling berkompetisi, saling menjaga keseimbangan satu sama lain untuk menentukan masa depan hidup mereka dan tubuh inangnya (tubuh manusia: sehat, sakit atau sembuh).
  2. Bakteri hidup secara berkelompok atau berkoloni dan masing - masing membentuk ekosistem dalam satu kesatuan ekosistem seperti manusia. Koloni - koloni mereka pada awal kehadirannya bersama tubuh manusia ke dunia ini berkarakter baik, bermanfaat, bakteri yang menguntungkan. Tentu mana ada sih Tuhan menciptakan makhluknya berkarakter jahat selain setan.
  3. Dalam ekosistem, bakteri dengan jutaan jenis strain juga butuh beraktivitas, bertahan hidup termasuk berkembang biak sama seperti aktivitas manusia dengan memanfaatkan lingkungan sekitarnya. Mereka juga butuh makan, minum, beranak pinak, bekerja seusai dengan peran dan fungsinya masing - masing.
  4. Beraktivitas, bertahan hidup dan berkembangbiaknya bakteri di dalam tubuh, perubahan karakter dari awal, tergantung apa yang masuk dalam tubuh inangnya (apa yang dimakan dan diminum manusia) dalam satu siklus rantai makanan yang berkesinambungan.
  5. Ketika rantai makanan untuk mikro organisme ini terputus secara terus menerus maka terjadilah perubahan karakter dari baik menjadi jahat, hal tersebut semata - mata mereka lakukan hanya untuk bertahan hidup dan melestarikan peran masing - masing. Yang jahat akan menyerang yang baik, hingga akhirnya menguasai wilayah - wilayah atau menduduki wilayah bakteri baik atau bakteri yang menguntungkan bagi tubuh. Yang kuat akan menang dan yang lemah akan mati, akibatnya terjadi ketidakseimbangan mikro organisme. Ketidakseimbangan koloni bakteri yang menguntungkan ini berdampak besar bagi tubuh inang (tubuh manusia tempat tinggalnya) seperti melemahnya sistem imun tubuh, penyakit mudah menyerang, kekurangan enzim dan hormon dan lain sebagainya. Kenyataannya, manusia hanya mengenal tubuh mereka terserang suatu penyakit tanpa peduli lagi akar persoalannya.
  6. Koloni bakteri yang menguntungkan lebih banyak jumlahnya dari bakteri yang merugikan agar terjadi penguasaan keseimbangan mikro organisme untuk memberi manfaat bagi tubuh manusia. Peran bakteri yang menguntungkan sangat penting, bila koloni mereka terdesak segeralah mengirimkan asupan nutrisi mengandung bakteri yang menguntungkan dari luar tubuh untuk mengembalikan ekosistem mereka.
  7. Faktanya bakteri yang menguntungkan bagi tubuh adalah pengelola, pengatur zat apa saja yang masuk ke dalam tubuh manusia. Bakterilah yang akan melakukan semua proses pengaturan sejak dari awal sehingga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, sistem enzim dan sebagainya. Bakteri ibarat montir yang selalu mengecek kondisi organ tubuh, membenahi dan mengganti onderdil yang rusak. Perhatikan dan hargailah mereka.
Makanan dan minuman yang kita makan adalah juga menjadi sumber energi bagi mikro organisme yang telah dengan setia menjaga tubuh kita. Semakin tak sehat apa yang masuk ke dalam tubuh maka berkuranglah koloni bakteri yang menguntungkan bagi tubuh. Bila terus menerus lambat laut mikro organisme ini akan punah. Bila mikro organisme punah tubuh tak bisa memproduksi enzim maka tubuh pun akan mati dan yang tersisa hanyalah bakteri pengurai yang ikut masuk bersama mayat tubuh kita.

Itulah beberapa fakta mengejutkan tentang bakteri yang menguntungkan dalam tubuh manusia. Untuk selanjutnya simak lebih dalam ulasan tentang Pengertian Probiotik adalah Soal Bakteri yang Menguntungkan Bagi Tubuh.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »