Probiotik untuk Anak Autis Membantu Mengatasi Terganggunya Sistem Kekebalan Tubuh

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Autis

Penjelasan sebelumnya sudah dikatakan bahwa sistem kekebalan tubuh setiap orang, begitu juga pada anak autis maupun anak berkebutuhan khusus tidak berdiri sendiri. Terjaga atau terganggunya sistem kekebalan tubuh dipengaruhi banyak sistem di dalam tubuh, mulai dari sistem pencernaan, sistem saraf dan lain sebagainya. Persoalannya, apakah probiotik untuk anak autis akan sangat membantu?

Sebagai prinsip dasar yang harus menjadi panduan, bahwa sistem kekebalan tubuh setiap orang dapat mengalami perubahan naik dan turun, begitu juga pada tubuh anak autis, namun kasusnya lebih sensitif. Pada permasalahan anak autis, tubuhnya juga dapat dimasuki berbagai sumber penyakit yang berasal dari efek kontaminasi radikal bebas, logam berat, kelebihan pestisida sintetis, virus, bakteri hingga jamur merugikan. Ketika kondisi sistem kekebalan tubuh normal (mencukupi), maka dia akan membentengi tubuh si anak dari berbagai serangan tersebut. Bila terjadi sebaliknya, ketika kondisi kekebalan tubuh menurun, maka tubuh anak autis tersebut juga berpotensi terkena serangan penyakit. Itulah mengapa, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak autis yang lebih sensitif itu supaya selalu dalam kondisi baik.

Sistem Pertahanan Tubuh Utama itu Saluran Pencernaan

Tahukah Anda bahwa 80% sistem pertahanan tubuh kita ada di pencernaan?, mengapa di saluran pencernaan?. Saluran pencernaan merupakan penghalang penting, lini pertahanan utama antara patogen yang datang dari luar dan organ - organ dalam, dimana sejumlah mekanisme kekebalan tubuh terdapat pada lapisan ephitalium. Lapisan usus ini bertugas memblokir patogen luar agar tidak melakukan pengrusakan.

Di dalam saluran pencernaan, terdapat ekosistem mikroba yang memiliki peran dan fungsi masing - masing, ada mikroba probiotik (mikroorganisme menguntungkan), mikroba patogen (mikroorganisme merugikan) dan mikroba netral (yang karakternya bisa berubah - ubah). Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh maka keseimbangan siklus mikroba ini juga harus seimbang atau atau cenderung lebih optimal pada mikroba probiotik, maka kecenderungan tersebut dikenal dengan istilah probiotik siklus.

Probiotik untuk anak autis seperti Autiepro, Talami, Autiedrop dan lainnya menggunakan konsep probiotik siklus ini. Pada saluran pencernaan terdapat mikroba probiotik lebih dari trilyunan dari ribuan spesies. Spesies Lactobacillus merupakan bakteri yang lazim di usus kecil, sedangkan Bifidobacterium adalah yang paling dominan dalam usus besar. Kedua jenis spesies beserta strain - strainnya garis pertahanan yang kuat, dan salah satu peran pentingnya adalah terlibat aktif dalam sistem metabolisme tubuh, mikroba probiotik untuk anak autis juga mempunyai peran penting dalam melindungi sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, mencegah memproduksi mikroba patogen secara berlebihan (bakteri jahat) termasuk ragi, jamur dan parasit.

Bahkan pada beberapa permasalahan anak autis sering ditemukan bahwa bila keseimbangan probiotik siklus terganggu adalah menjadi sebab sering ditemukannya anak autis mengalami masalah seputar konstipasi, sembelit, diare, sindrom iritasi usus, kebocoran usus, infeksi pernafasan, infeksi pendengaran, kerusakan gigi, infeksi kelamin dan lainnya.

Apa yang Mempengaruhi Saluran Pencernaan Anak Autis Agar Sehat?

Untuk penanganan permasalahan anak autis yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, tidak bisa dilakukan sepotong - sepotong atau kasus per kasus sebab berhubungan dengan banyak faktor, ambilah contoh bahwa pertahanan utama ada di saluran pencernaan, dengan demikian maka perawatan kesehatan harus berawal dari sistem pencernaan dan tentu berhubungan dengan makanan, minuman atau apa saja yang kita masukkan ke dalamnya. Silahkan di logika saja, kenapa obat untuk anak autis tidak disuntikkan langsung saja ke kepala guna mengatasi kelainan di fungsi otak anak autis tersebut? Tentu semua berawal dari saluran pencernaan. Saluran pencernaan mencerna makanan, memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. Organ-organ yang termasuk di dalam nya adalah: mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus serta usus besar. Dari usus besar makanan akan dibuang keluar tubuh melalui anus. Jadi ada hubungan antara pola makan, kesehatan saluran pencernaan dan kesehatan seluruh tubuh.

Usus itu bersih atau kotor, sehat atau tidak sehat sangat tergantung dari apa yang di makan si anak. Lalu kondisi usus akan sangat menentukan kondisi darah yang mengangkut zat gizi ke tiap sel di dalam tubuh. Jadi cepat lambatnya regenerasi sel pada bagian tubuh yang mengalami kelainan sangat tergantung dari zat nutrisi penting yang dimakan, begitu pula dengan keseimbangan probiotik siklus karena merekalah montir yang mengatur optimal tidaknya zat gizi tersebut digunakan. Oleh karena itu mengapa probiotik untuk anak autis yang terbaik sangat dianjurkan rutin dikonsumsi.
Tulisan ini juga berhubungan dengan topik makanan sehat untuk anak autis dan enzim silahkan baca lebih lengkap, kedua hal ini juga bisa menjadi bagian dari lebih memahami penanganan permasalahan anak autis dari sisi manajemen nutrisi.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »