Pengertian Makanan Sehat Sebagai Panduan Manajemen Nutrisi Bagi Anak Autis

Pengertian Makanan Sehat untuk Anak Autis
Manajemen nutrisi dimaksud adalah mengelola nutrisi dari aneka bahan pangan untuk ketercukupan zat gizi bagi tubuh anak autis. Memahami pengertian makanan sehat menjadi penting bagi manajemen nutrisi sebab hanya aneka menu makanan sehat bagi anak autis yang disajikan saja yang mampu memberikan efek positif pada terapi penanganan anak autis.
Pada permasalahan anak autis atau anak berkebutuhan khusus adalah sering ditemukan adanya gangguan pencernaan dan tidak optimalnya metabolisme tubuh seperti adanya kebocoran mukosa usus sehingga tubuh tidak dapat menerima secara optimal zat - zat gizi penting, belum lagi adanya kecenderungan beberapa anak autis yang suka memilih - milih makanan yang disukainya saja (picky eater), juga pola diet yang salah seringkali menyebabkan terjadinya defisiensi zat gizi penting dan vitamin untuk anak autis.

Memahami pengertian makanan sehat juga tidak bisa secara praktis dan dianggap tidak penting, atau cukup hanya sekedar membeli bahan pangan yang sepertinya segar lalu dibersihkan dan dicuci serta dimasak. Misal Bunda membeli sayur di pasar yang terlihat segar, padahal menggunakan pengawet, disamping itu Bunda juga tidak tahu seperti apa proses budidaya tanaman yang digunakan. Padahal bahan pangan yang terkontaminasi radikal bebas juga memberikan dampak negatif pada organ tubuh anak autis yang sangat sensitif. Namun pada intinya sangat penting memahami pengertian makanan sehat agar anak autis dan seluruh anggota keluarga terhindar dari penyakit - penyakit yang makin bertambah jenisnya dari tahun ke tahun.

Memahami Pengertian Makanan Sehat

Yang dimaksud pengertian makanan sehat adalah semua jenis makanan yang tidak mengandung bahan berbahaya, sejak pada perolehan bahan baku sampai proses pengolahan hingga menghasilkan produk olahan makanan dan minuman dengan kandungan zat gizi, senyawa bermanfaat dan keamanan kualitas mutu selalu terjaga. Pengertian makanan sehat ini dapat kita baca pada Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2004.
Penafsiran pengertian makanan sehat tersebut diatas diantaranya:
  1. Untuk menghasilkan produk makanan sehat dimulai sejak proses budidaya tanaman pangan dengan penggunaan pupuk dan pestisida yang ramah lingkungan seperti yang berbasis mikroorganisme, suplemen probiotik untuk tanaman dan sejenisnya.
  2. Pengertian makanan sehat yang dimaksud sejak bahan baku adalah terhindar dari sumber - sumber bahan atau senyawa yang berpotensi berbahaya bagi tubuh seperti logam berat (termasuk racun arsenik), pestisida sintetis, pupuk kimia sintetis, limbah beracun di areal pertanian dari lingkungan sekitar, maupun bahan beracun berbahaya lainnya.
  3. Memahami pengertian makanan sehat diatas juga bisa dimaksudkan bahwa dalam proses pendistribusiannya tidak mengandung bahan pengawet berbahaya, bahan pewarna maupun perasa sintetis.
  4. Pengertian makanan sehat juga bisa berarti bahwa makanan tersebut sudah diupayakan dengan berbagai kondisi sehingga terbebas dari pencemaran biologis, kimia atau senyawa lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan tubuh.
  5. Pengertian makanan sehat juga berarti makanan yang mudah diserap oleh usus dan memberi manfaat kesehatan bagi usus dan tubuh secara keseluruhan.
Dengan memahami pengertian makanan sehat seperti tersebut di atas, diharapkan Bunda makin selektif membeli bahan pangan di pasar agar dapat diolah sebagai menu makanan sehat untuk anak autis dengan tetap menjaga kandungan nutrisi dan zat gizi penting yang ada di dalamnya.

Silahkan baca juga: Syarat Makanan Sehat untuk Anak Autis.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Makanan Sehat Sebagai Panduan Manajemen Nutrisi Bagi Anak Autis. Berbagilah informasi bagi keluarga Anda yang lain untuk menyebar manfaat dan kebaikan dari diri Anda sendiri. Salam.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »