Belajar Kilat Soal Pengertian Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik untuk Terapi Anak Autis dan ABK

Pengertian Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik
Dalam tubuh manusia terdapat banyak sekali mikroorganisme, mereka juga tersebar di berbagai ruang - ruang kosong di antara organ - organ tubuh. Mikroba juga membentuk siklus kehidupan mereka sendiri yang dikenal dengan keseimbangan siklus mikroba, berdasar pern dan fungsi masing - masing mulai dari mikroba probiotik (mikroba menguntungkan), mikroba patogen (mikroba merugikan) dan mikroba netral. Keberadaan keseimbangan siklus pun bisa terganggu bahkan bisa menyebabkan punahnya ekosistem jenis - jenis mikroba tertentu yang keberadaanya justru sangat dibutuhkan oleh tubuh inang. Memahami pengertian probiotik, prebiotik dan sinbiotik akan sangat membantu pemulihan keseimbangan ekosistem siklus mikroba yang terganggu, sebab pada dasarnya keseimbangan siklus mikroba memiliki peran penting dalam terapi anak autis di rumah, termasuk juga terapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Pengertian Probiotik Adalah

Probiotik adalah mikroba baik yang terdapat di dalam tubuh manusia, sebagian besar di temukan dalam sistem pencernaan (disebut juga dengan flora normal,) atau istilah lainnya adalah mikroorganisme baik sebab dianggap memiliki peran dan fungsi dengan karakter baik (ciri khasnya membantu dan menolong). Menurut ilmu mikrobiologi, satu genus bakteri probiotik bisa memiliki ribuan strain, hanya mikroskop khusus dan ahli - ahli bakteri tertentu yang bisa menemukan sampai ribuan strain. Tidak semua ahli bisa menemukannya, bahkan hingga mengembangbiakkannya. Berita gembiranya, di Indonesia sudah ada pakar kelas dunia yang ahli di bidang ini, dan salah satu aplikasinya ada pada varian probiotik untuk anak autis di situs ini. Beberapa contoh probiotik adalah antara lain yang sudah dikenal seperti Bifibacterium Longum, Bifidobacterium Asteroids, Bifibacterium Bifidum, Bifibacterium Infantis, Streptococcus Lactis, Lactobacillus Casei, Lactobacillus Acidophilus.

Peran penting probiotik adalah sebagai pengatur, pengendali keseimbangan siklus mikroba tersebut diatas, mudahnya dapat dikatakan probiotik adalah jajaran manajemen bila itu sebuah perusahaan dan bila di tingkat usaha perbengkelan mobil, maka probiotik adalah seorang montirnya. Semua kegiatan mulai dari mengidentifikasi masalah, mengurai, menemukan solusi, hingga memperbaiki masalah semua merupakan keahlian mikroba probiotik.
Keberadaan mikroba probiotik adalah sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sebagai pusat sistem kekebalan tubuh terbesar.
Namun demikian peran penting probiotik tersebut tidaklah optimal, apabila ekosistem tidak mendukung. Biasanya disebabkan karena faktor suplai kebutuhan mereka dari bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh inang tak sesuai dengan yang mereka butuhkan. Disinilah titik awal terjadinya banyak persoalan kesehatan di dalam tubuh.

Pengertian Prebiotik Adalah

Prebiotik adalah makanan yang tidak dapat dicerna usus, berfungsi sebagai suplemen untuk pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme baik/mikroba baik/probiotik dalam sistem pencernaan.
Prebiotik adalah serat pangan yang berfungsi secara selektif merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar., seperti contohnya adalah Bifidobacteria. Prebiotik adalah senyawa natural dalam makanan yang tidak dapat dicerna usus yang dibutuhkan oleh bakteri Probiotik untuk kehidupannya. Ringkasnya prebiotik adalah makanan bagi bakteri probiotik.
Contoh prebiotik secara alami ada didalam Air Susu Ibu, salah satunya adalah Oligosakarida.
Manfaat prebiotik adalah diantaranya untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan juga meningkatkan penyerapan kalsium. Peran penting prebiotik adalah menciptakan kondisi lingkungan di dalam usus besar yang cocok bagi probiotik untuk mengendalikan bakteri merugikan dengan cara mengepung, menggiring dan menawan mikroba patogen.
Intinya, probiotik merupakan mikroorganisme menguntungkan. Sementara prebiotik adalah menyediakan tempat yang memungkinkan probiotik tumbuh dan aktif. Keduanya bergabung dalam sistem simbiosis mutualisme.

Pengertian Sinbiotik Adalah

Sinbiotik adalah kombinasi probiotik dan prebiotik dengan komposisi seimbang, yang bersinergi dalam manajemen nutrisi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Produk sinbiotik adalah berdampak positif bagi kesehatan, khususnya dalam memperbaiki dan menjaga sistem pencernaan, selain itu juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik yang dapat dipahami guna mencari solusi makanan untuk anak autis dan anak berkebutuhan khusus yang terbaik.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »