Penyebab Anak Autis Mengalami Penurunan Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Penyebab Anak Autis
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kerja dan fungsi sistem kekebalan tubuh berhubungan dengan sistem tubuh yang lain, begitu juga sebaliknya fungsi sistem tubuh yang lain bekerja bersama dengan sistem kekebalan tubuh sehingga disfungsi pada sistem apapun dapat melemahkan atau menurunkan tingkat kekebalan tubuh. Salah satu diantara banyak penyebab anak autis adalah karena adanya gangguan pada sistem saraf yang mempengaruhi fungsi otak. Gangguan tersebut terjadi akibat hilangnya kemampuan sistem kekebalan tubuh dimana cytokine yang diproduksi dalam darah putih berlebihan sehingga menyebabkan kondisi otak dan sistem saraf yang abnormal.
Penjelasan sederhana, sitokin (cytokine) adalah suatu molekul protein yang dikeluarkan oleh sel ketika diaktifkan oleh antigen. Sitokin terlibat dalam komunikasi sel-sel, bertindak sebagai mediator untuk meningkatkan respon imun melalui interaksi dengan reseptor permukaan sel tertentu pada sel darah putih (leukosit). Protein ini disekresikan oleh sel - sel kekebalan tubuh dan bertindak pada sel lain untuk mengkoordinasikan respon imun yang tepat. Sitokin mempunyai berbagai macam fungsi, namun pada umumnya sitokin bertindak sebagai pengatur pertahanan tubuh untuk melawan hal-hal yang bersifat patogen dan menimbulkan respons inflamasi.
Kerusakan di otak yang mengatur input rangsangan dapat memicu terjadinya gangguan terutama dalam kemampuan berbahasa. Peningkatan kandungan sitokin dalam darah inilah yang sering disebut sebagai salah satu penyebab anak autis.
Memperbaiki fungsi otak hingga sistem saraf adalah sangat penting pada kasus anak autis. Otak adalah bagian tubuh yang membutuhkan zat gizi penting. Kebutuhan tersebut sangat bergantung pada interaksi kompleks antara sistem kekebalan tubuh, kelenjar endokrin dan saluran pencernaan.
Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang berada di dalam otak. Fungsi kelenjar endokrin yang utama adalah sebagai pengatur hormon - hormon yang dihasilkan oleh kelenjar lainnya. Di dalam tubuh, kelenjar endokrin akan membentuk suatu sistem yang disebut sistem endokrin.

Hubungan Fungsi Otak dan Saluran Pencernaan Pada Anak Autis

Pertanyaannya, bila sudah dipastikan anak Bunda mengalami ganguan fungsi otak seperti tersebut diatas, mengapa obat untuk anak autis yang diberikan tidak langsung diberikan saja ke otak? ekstrimnya mengapa bukan otak yang langsung disembuhkan? Katanya otak yang sakit, tapi kok mulut yang diberikan obat untuk anak autis tersebut? Singkat kata, penjelasannya begini.

Salah satu penyebab anak autis adalah gangguan fungsi otak akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan banyak faktor baik yang terjadi selama masa kehamilan atau pada pertumbuhan setelah dilahirkan. Ada kaitan antara sistem kekebalan tubuh dan saluran pencernaan, dimana urusan makanan, minuman, obat yang diminum adalah dimulai dari mulut. Begitu juga potensi bahan - bahan yang mengandung racun yang tanpa disadari masuk ke dalam tubuh.

Bahan pangan yang kurang sehat, beracun juga termasuk logam berat berpengaruh buruk pada sistem pencernaan, sistem imun tubuh, sistem saraf, dan sistem endokrin. Logam berat dapat mengubah fungsi seluler dan sejumlah proses metabolisme dalam tubuh, termasuk yang berhubungan dengan sistem saraf pusat dan sekitamya. Produksi radikal bebas akibat logam berat tersebut juga mampu mengacaukan jumlah oksigen yang seharusnya dibutuhkan otak, terlebih bila tubuh anak autis tersebut tidak didukung oleh asupan makanan, minuman atau buah yang mengandung antioksidan tinggi.

Fungsi otak yang kacau, mekanisme kerja antibodi tak berjalan sehingga sistem imun salah mengidentifkasi molekul - nolekul yang kompatibel bagi tubuh atau molekul asing (yang tidak kompatibel), akhirnya antibodi salah serang sehingga menimbulkan peradangan pada saluran pencernaan.
Selain itu, efek samping bahan - bahan beracun juga dapat memproduksi jamur berbahaya, yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit pencernaan, diantaranya yaitu sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome), sembelit yang kronis atau diare. Salah satu racun hasil sampingan ini adalah adanya enzim yang membiarkan jamur tersebut menggali lubang di dinding usus yang dapat mengakibatkan terjadinya keadaan leaky gut (kebocoran mukosa usus). Leaky gut syndrome tanpa sadar juga sering ditemukan sebagai penyebab anak autis atau anak berkebutuhan khusus lainnya.

Racun - racun yang diproduksi oleh jamur ini mengebor lubang - lubang pada dinding usus dan meresap ke dalam aliran darah anak. Substansi racun ini dapat melukai atau merusak sawar darah otak yang dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, kemampuan kognitif, kemampuan bicara atau tingkah laku yang sering ditemukan sebagai gejala anak autis.
Sawar darah otak merupakan suatu dinding yang impermeabel. Impermiabel adalah sifat suatu bahan tidak bisa ditembus oleh partikel lain. Bunda bisa bayangkan bila sudah terjadi kerusakan pada dinding ini yang seharusnya tidak rusak. Fungsi sawar darah adalah melindungi otak dari berbagai gangguan yang dapat menyebabkan disfungsi otak.
Bagaimana mengatasinya terganggunya sistem kekebalan tubuh pada anak autis? simak penjelasan yang lebih lengkap pada artikel:
Probiotik untuk Anak Autis Solusi Mengatasi Terganggunya Sistem Kekebalan Tubuh

Demikian uraian singkat apa saja penyebab anak autis sering mengalami penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, yang berhubungan dengan otak dan sistem pencernaan.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »