Prebiotik Sumber Nutrisi Bagi Pertumbuhan Mikroba Probiotik untuk Anak Autis

Prebiotik adalah Makanan bagi Probiotik untuk Anak Autis
Keseimbangan ekosistem siklus mikroba sepenuhnya dikendalikan oleh jenis mikroba probiotik (bakteri yang menguntungkan). Dengan ekosistem yang terjaga maka mikroba - mikroba probiotik dapat menjalankan peran dan fungsinya secara optimal seperti menghalau sumber penyakit, menemukan kerusakan fungsi organ hingga membantu proses regenerasi sel - sel tubuh. Oleh karena itu, populasi mikroba probiotik untuk anak autis yang sudah mulai terbentuk harus terus dijaga agar dapat selalu memberi manfaat menguntungkan bagi tubuh si anak.

Salah satu cara memenuhi bahan bakar, energi dan apa saja yang koloni mikroba probiotik butuhkan untuk menjaga keseimbangan siklus tersebut adalah dengan memberikan makanan - makanan berkategori prebiotik. Makanan prebiotik adalah sumber nutrisi yang sehat bagi pertumbuhan dan perkembangbiakan koloni - koloni mikroba probiotik untuk anak autis. Semakin banyak sumber makanan prebiotik yang dikonsumsi, maka jumlah mikroba probiotik (bakteri yang menguntungkan) di dalam pencernaan juga akan meningkat. Untuk konsumsi makanan prebiotik tidak ada batasan usia. Selain itu, bila kelebihan jumlah mengkonsumsi sumber makanan ini juga tidak membawa efek buruk pada kesehatan tubuh.

Sekilas Manfaat Prebiotik

Manfaat prebiotik adalah utamanya untuk menjaga dan meningkatkan keseimbangan siklus mikroba probiotik untuk anak autis di dalam saluran pencernaan. Sedangkan tubuh inang akan merasakan manfaat prebiotik atas hasil reaksi kimia yang terjadi, yaitu antara lain:
  1. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.
  2. Meningkatkan kemampuan tubuh dalam penyerapan mineral.
  3. Membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Sumber - Sumber Makanan Prebiotik

Sumber makanan prebiotik pada umumnya memasok serat kasar untuk tubuh, namun serat halus juga tidak dapat diremehkan. Prebiotik secara alami dapat ditemukan dari biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan taoco juga merupakan sumber bahan makanan prebiotik bagi pertumbuhan mikroba probiotik untuk anak autis.
  1. Prebiotik alami berasal dari ASI atau produk susu yang mengandung FOS (Frukto Oligosakarida) dan GOS (Galakto Oligosakarida).
  2. Prebiotik Inulin (serat karbohidrat Oligosakarida), seperti:
    • Sayuran: asparagus, brokoli, bawang putih, daun bawang dan bawang
    • Karbohidrat: kacang - kacangan, gandum, kentang dan ubi jalar.
    • Buah-buahan: apel, pisang, jeruk, kiwi.
    • Lemak: biji rami dan benih chia.

Sayuran adalah Sumber Makanan Prebiotik

Penekanan pada sayuran menjadi penting sebab sayuran mudah didapatkan. Makanan prebiotik bagi pertumbuhan probiotik untuk anak autis, juga dapat diperoleh dari aneka sayuran, antara lain:
  1. Sayuran berwarna, seperti wortel atau labu hijau adalah cara lain untuk menambah zat gizi penting dari makanan prebiotik untuk perawatan gangguan fungsi pencernaan anak autis. Selain itu, wortel mengandung beta-karoten, sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi aneka jenis kanker dan memperbaiki penglihatan. Labu hijau adalah sayuran dengan sumber serat tinggi, serta mengandung asam folat, kalsium dan vitamin.
  2. Sayuran warna hijau. Ini mengandung banyak prebiotik, contohnya brokoli dan asparagus. Sangat baik bagi tubuh untuk menjaga keseimbangan probiotik.
  3. Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, bayam dan sawi mengandung prebiotik. Mencampur kombinasi sayuran daun hijau ke dalam salad dapat menambah kebutuhan serat dan bakteri yang menguntungkan sehari - hari.
  4. Bumbu dapur seperti bawang putih dan bawang merah. Kedua bumbu dapur ini sangat membantu pertumbuhan bakteri probiotik di dalam usus. Resep menu masakan dengan bawang untuk anak autis juga dapat mengurangi resiko kanker usus besar, mencegah stroke, penyakit jantung dan naiknya tekanan darah.
Untuk membuat aneka menu makanan sehat untuk anak autis, silahkan baca juga panduan syarat makanan sehat untuk anak autis, hal tersebut bertujuan agar pertumbuhan mikroba probiotik untuk anak autis dapat lebih optimal.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »