Rangkuman Terbaru Penyebab Anak Autis Menurut Para Ahli

Autisme diartikan sebagai kesendirian, yang berarti hidup di dunianya sendiri. Autis pada anak merupakan gangguan tumbuh kembang anak di wilayah area perkembangan seperti gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial.
Pada kasus dengan ciri ciri anak autis ringan, autis pada anak melibatkan kesulitan memahami dan berhubungan dengan orang lain, dan kesulitan memahami perspektif orang lain dan emosi. Sedangkan pada kasus yang lebih berat, anak tidak dapat berinteraksi, bersosialisasi dengan orang lain. Salah satu penyebab anak autis adalah terjadinya kerusakan pada sel - sel otak.

Autis pada anak yang tidak terobati, akan menyebabkan terganggunya pengembangan ketrampilan sosial si anak yang efektif dan tidak dapat belajar berbicara dan berperilaku yang tepat saat berhadapan dengan orang lain.

Penyebab Anak Autis

Gangguan autis memiliki banyak penyebab dan penyebab anak autis tersebut tidak berdiri sendiri - sendiri, namun saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain. Banyak faktor - faktor resiko berpengaruh sebagai penyebab anak autis yang disimpulkan banyak ahli antara lain:
  1. Menurut para ahli penyebab anak autis yang pertama adalah faktor keturunan/genetika. Bila dalam suatu keluarga, ayah atau ibu memiliki riwayat menderita autis maka anak yang akan mereka berpeluang besar menderita autis. Hal ini dapat terjadi karena gen dari orang tua penderita autis mampu mempengaruhi perkembangan, pertumbuhan dan pembentukan sel - sel otak anak pada saat dalam kandungan.
  2. Terganggunya tumbuh kembang otak janin selama masa kehamilan akibat serangan penyakit - penyakit berat seperti diabetes kronis, hipertensi, keracunan saat hamil, kelebihan konsumsi obat - obatan sintetis, penggunaan obat psikiatrik atau faktor lain yang mempengaruhi tumbuh kembang otak janin. Hal ini juga bisa dipengaruhi sebelum masa kehamilan.
  3. Terinfeksi serangan virus dan bakteri kelompok TORCH sebelum dan saat memasuki usia kehamilan. Kategori virus TORCH seperti Toxoplasma, Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV). Kelompok virus ini sangat berbahaya sebagai penyebab anak autis karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang susunan sel - sel syaraf pusat pada otak janin.
  4. Konsumsi makanan dengan bahan tambah kimia sintetis secara berlebihan seperti penambah rasa, pengawet makanan/minuman, pewarna makanan. Pestisida kimia sintetis yang bisa mengkontaminasi bahan pangan apa saja sejak di lahan, pengiriman hingga saat dimasak. Jadi berhati - hatilah sebelum memasak bahan pangan, pastikan agar terbebas dari pencemaran.
  5. Tubuh keracunan senyawa logam berat, seperti racun arsenik (As) yang terbawa bahan pangan, timbal (Pb) asap kendaraan bermotor, racun merkuri (Hg) dan lain sebagainya. Banyak ahli menyebutkan keracunan logam berat adalah penyebab anak autis terbesar di Indonesia. Kontaminasi logam berat bisa masuk sebelum trisemester pertama kehamilan.
  6. Usia orang tua saat bersalin. Makin tua usia ibu saat bersalin juga berpengaruh sebagai penyebab anak autis.
Masa kehamilan adalah masa penting untuk menjaga janin tumbuh dan berkembang secara sehat, sebab di masa kehamilan beberapa penyebab anak autis dapat saja mempengaruhi kesehatan janin. Salah satu cara mencegahnya adalah memastikan asuapn nutrisi dari aneka menu makanan sehat untuk ibu hamil.

Menu makanan sehat untuk ibu hamil yang dimaksud, yaitu pastikan menu makanan sehari - hari yang disajikan jangan sampai mengandung pestisida/zat kimia sintetis yang berpotensi sebagai penyebab anak autis di usia kehamilan. Artinya perhatikan kualitas bahan makanan yang disajikan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »