Lanjutan Soal Syarat Makanan Sehat untuk Anak Autis Paling Aman (Bagian 2)

Makanan untuk Anak Autis
Fungsi otak berhubungan dengan kesehatan saluran pencernaan, sebab dari saluran pencernaanlah pesan - pesan penting disampaikan pada otak untuk disebarkan pada organ - organ tubuh terkait. Kesehatan saluran pencernaan terganggu maka fungsi otak pun kacau, sebab pertahanan utama terserang. Sama seperti orang normal pada umumnya, anak autis atau anak berkebutuhan khusus dengan kondisi pencernaan yang buruk tidak dapat menjalani hidup dengan bahagia. Oleh karena itu sangat dianjurkan menjadikan kebersihan usus sebagai prioritas yang juga harus diselesaikan pada penanganan permasalahan anak autis. Munculnya gejala konstipasi, sembelit, diare, susah tidur dan lainnya yang sering ditemukan adalah karena tidak terpenuhinya syarat makanan sehat sehingga persoalan sampah yang menumpuk pada usus tak mudah teratasi.

Memulihkan kondisi kesehatan usus dengan probiotik untuk anak autis adalah salah satu solusi guna meningkatkan kesehatan semua organ tubuh. Usus yang bersih akan memfasilitasi perbaikan kondisi tubuh, termasuk gangguan fungsi organ yang lain karena usus merupakan organ pencernaan paling utama dalam tubuh kita. Bukankah bila sebuah batu jatuh ke dalam kolam, riak air yang ditimbulkannya akan menyebar ke seluruh permukaan kolam? Begitu juga dengan zat - zat yang di serap oleh usus dan akan diangkut ke seluruh tubuh. Apabila sudah terjadi masalah di titik awal, pengaruhnya akan menyebar ke seluruh tubuh. Namun demikian prinsip dasar ini tak jarang, diabaikan saat penanganan terapi anak autis di rumah sendiri. Sebagian besar hampir berkutat dengan ingin segera menyelesaikan masalah tapi tanpa mengatasi penyebab anak autis secara keseluruhan. Banyak yang lupa bahwa tubuh adalah satu kesatuan dan bisa hidup karena adanya ekosistem makhluk lain di dalam tubuh, yaitu mikroba.

Bahwa syarat makanan sehat dalam manajemen nutrisi, yaitu soal mudah atau sulitnya makanan diserap usus adalah lebih penting untuk diperhatikan daripada nilai gizi dan jumlah kalori, pertanyaannya Bunda dahulukan yang mana untuk anak autis?

Syarat Makanan Sehat dari Cara Pengolahan

Setelah kita memahami pengertian makanan sehat dan syarat makanan sehat yang berasal dari cara perolehannya, maka berikut adalah beberapa persyaratan makanan sehat untuk anak autis dari cara pengolahan.
  1. Dilarang memakan makanan yang mudah membusuk dan hanya akan mengotori usus. Pastikan menu makanan untuk anak autis yang disajikan (orang normal juga) akan dapat dibuang dengan mudah dari dalam tubuh sehingga tidak menambah tumpukan sampah di dalam usus.
  2. Pilihlah bahan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Makanan yang mahal dan bergizi tinggi sekalipun tidak akan seluruhnya terserap tubuh. Namun kebanyakan orang yang amat mengagungkan asupan kalori, pasti akan menghitung nilai kalori sebelum menyajikan atau menyantap suatu makanan. Perlu dipahami bahwa di dalam setiap makanan, akan selalu ada bahan yang mudah dicerna dan bahan yang sukar dicerna. Sembelit pada anak autis bisa terjadi karena banyak mengkonsumsi makanan yang sukar di cerna berdasarkan kondisi ususnya. Jadi tidak berhubungan dengan nilai gizi dan jumlah kalori.
  3. Pilih bahan makanan hidup yang kaya enzim, seperti sayur - sayuran mentah dan buah - buahan. Bila belum terbiasa, bisa dibuat racikan dalam bentuk jus atau sejenisnya. Intinya sayur mentah dan buah, kaya enzim sehingga lebih optimal dalam memelihara kesehatan usus.
  4. Syarat makanan sehat juga memprioritaskan zat - zat fitokimia, yaitu bahan aktif yang terdapat pada sayuran dan buah, misalnya sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi.
  5. Kombinasikan dengan bahan makanan yang kaya serat. Makanan kaya serat akan merangsang mikroba probiotik dalam usus untuk bekerja lebih optimal.
  6. Aturlah proporsi pola makan, misalnya berikanlah makanan yang 85% bersumber nabati dan 15% makanan bersumber hewani. Kurangilah konsumsi daging dan tingkatkanlah konsumsi sayuran dan buah sampai 85% dari seluruh makanan yang disajikan setiap hari.
  7. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan dan minuman hasil fermentasi, misalnya probiotik untuk anak autis. Probiotik tersebut antara lain akan mengoptimalkan nutrisi yang masuk hingga mempercepat pembuangan zat - zat yang tidak bermanfaat dari saluran pencernaan. Lebih lengkap silahkan baca kembali tentang probiotik untuk anak autis.
Bagaimanapun, adalah wajar makan merupakan kegiatan yang semestinya mengandung unsur kesenangan. Namun hal yang perlu diwaspadai adalah proporsi. Perbanyaklah proporsi makanan yang menyehatkan usus. Walaupun kondisi sekarang anak autis yang sedang ditangani masih gemar memilih - milih makanan, cobalah Bunda ubah kebiasaan tersebut secara bertahap dengan tetap mengacu pada syarat makanan sehat tersebut diatas dalam menyusun variasi menu makanan sehat untuk anak autis.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »