Ini Dia Syarat Makanan Sehat untuk Anak Autis Paling Aman (Bagian 1)

Makanan untuk Anak Autis
Bunda mana yang tak menginginkan untuk selalu bisa menyajikan hidangan sehat bagi keluarganya, tentu tak satupun. Semua pasti ingin menyajikan yang terbaik di meja makan. Namun terkadang hal tersebut tak dapat terpenuhi secara rutin karena tuntutan kebutuhan dunia yang lain. Tentunya menyajikan menu makanan sehat untuk anak autis, otomatis sehat juga untuk keluarga yang lain. Tubuh sehat berkaitan dengan syarat makanan sehat.
Persoalan makanan sehat untuk anak autis tidak sekedar cukup dengan menghindari pantangan makanan anak autis saja, bukan juga persoalan melarang anak makan A, tidak boleh makan B dan sebagainya. Karena pertahanan utama yang melawan berbagai penyakit dan kerusakan fungsi organ terletak pada saluran pencernaan, maka syarat makanan sehat juga harus memperhatikan dampak bagi kesehatan usus, sebab usus yang sehat adalah kunci pertahanan tubuh yang kuat.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh setiap hari dicerna oleh lambung dan diserap oleh usus. Usus kecil (usus halus) berfungsi menyerap sari makanan, sedangkan usus besar bertugas menyerap cairan dari sisa penyerapan di usus kecil sehingga menghasilkan produk terakhir berupa kotoran (tinja). Selama proses tersebut berjalan dengan lancar, tidak akan ada masalah sebab tubuh akan selalu sehat. Pada beberapa permasalahan anak autis atau anak berkebutuhan khusus juga sama seperti pada orang umumnya namun lebih sensitif, yaitu tidak mengalami proses cerna - serap - buang tersebut dengan baik. Buktinya dapat diketahui langsung dari pola buang air besar, yaitu mengalami konstipasi, sembelit karena tinja yang keras atau justru langsung mengalami diare.
Sumber masalah dalam buang air besar adalah penumpukan kotoran yang berlebihan di usus besar. Coba Bunda bayangkan, apa jadinya bila sampah menumpuk di dapur Bunda, apa yang akan terjadi?. Tentu akan terjadi pembusukan dan timbul bau yang menyengat bukan? Demikian pula akibat penumpukan kotoran di dalam usus besar. Kotoran - kotoran tersebut mengeluarkan racun - racun yang memaksa virus untuk berkembang biak dengan cepat dan memperburuk kondisi usus, seterusnya maka pertahanan dan fungsi - fungsi organ tubuh akan melemah dan mudah terserang penyakit. Dengan demikian maka syarat makanan sehat yang diberikan adalah juga mempertimbangkan faktor mudah atau sulitnya makanan diserap oleh usus.

Berikut adalah beberapa syarat makanan sehat yang paling aman, untuk kesehatan usus anak autis dan anak berkebutuhan khusus.

Syarat Makanan Sehat dari Cara Perolehan

Syarat makanan sehat yang berasal dari cara memperoleh bahan pangannya, antara lain:
  1. Pastikan dahulu bahan pangan yang akan diolah adalah berasal dari budidaya yang sehat. Hal ini sulit dilakukan jika bukan berasal dari lahan budidaya milik sendiri atau milik kerabat yang kita kenal baik. Silahkan baca kembali tentang pengertian makanan sehat yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  2. Gunakan teknik keamanan pangan sendiri untuk memastikan bahwa bahan pangan yang akan dimasak bebas pencemaran kimia, biologis, atau zat - zat lain yang dampaknya dapat merugikan kesehatan usus secara spesifik dan tubuh secara umum. Teknik membersihkan bahan pangan tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan bioteknologi, yaitu dengan produk probiotik terbaik yang mengandung strain khusus untuk mengubah struktur kimia bahan - bahan yang berpotensi merugikan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu contoh probiotik dengan fungsi tersebut, silahkan baca tentang: probiotik terbaik Talami cara ajaib membersihkan zat - zat berbahaya yang terdapat pada bahan pangan sebelum dimasak.
Hal tersebut diatas belum berbicara mengenai kandungan zat gizi dan pola makan, itu baru soal cara memperoleh bahan pangan yang memenuhi syarat makanan sehat saja. Abaikan dulu soal kandungan gizi dan jumlah kalori, sebab kandungan gizi akan mengikuti secara otomatis bila bahan pangan yang diperoleh memang benar - benar sehat. Dengan kandungan gizi yang cukup barulah kita mengatur pola makan. Bagaimana mungkin kita sudah mengatur pola makan, mengatur porsi yang seimbang sedang untuk mendapatkan syarat makanan sehat dari cara perolehannya saja sudah sangat sulit untuk dipenuhi, bahan pangan sudah rusak dahulu oleh bakteri merugikan dan masuk ke dalam saluran pencernaan. Tetap saja tubuh yang jadi korbannya, ingat sekecil apapun kontaminasi radikal bebas, logam berat dan lainnya akan sangat mempengaruhi kemajuan terapi penanganan anak autis.

Apakah hal tersebut sulit dilakukan Bunda?, tidak ada yang sulit selama kita masih mau berusaha. Kini sudah banyak aplikasi terapan yang dapat digunakan untuk menghadirkan bahan pangan yang memenuhi syarat makanan sehat seperti tersebut diatas.

Tulisan ini bersambung pada bahasan selanjutnya tentang: Syarat Makanan Sehat dari Cara Pengolahan untuk Anak Autis dan Anak Berkebutuhan Khusus.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »