Kunci Rahasia Terapi Penanganan Penyebab Anak Autis

Mengatasi Penyebab Anak Autis
Autis pada anak merupakan gangguan perkembangan yang sangat kompleks, yang dapat saja terjadi sejak lahir ataupun saat masa balita. Autis adalah kelainan yang disebabkan oleh gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa, sehingga anak tersebut tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara tepat dan efektif. Banyak penyebab anak autis yang menjadikan kelainan tersebut bahan kekuatiran tersendiri bagi para orang tua, sebab gangguan autis bisa menyerang siapa saja, tanpa pandang bulu.

Gejala autis pada anak cukup bervariasi, namun yang paling menonjol adalah sikap anak yang cenderung asyik dengan dunianya sendiri, cenderung tidak mempedulikan lingkungan dan orang - orang di sekitarnya, seolah menolak berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Anak autis juga mengalami kesulitan dalam memahami bahasa dan berkomunikasi secara verbal.

Catatan ini tidak akan mengulas tuntas banyaknya faktor kemungkinan penyebab anak autis, Bunda silahkan kumpulkan informasi soal hal tersebut di situs - situs yang lain atau bisa baca salah satu ringkasan penyebab anak autis di sini.

Kunci Rahasia Terapi Anak Autis

Beberapa catatan berikut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam terapi penanganan anak autis sejak dini.
  1. Autis pada anak dapat terjadi sejak masa kehamilan dan sekitar satu sampai tiga tahun pertama dalam kehidupan mereka. Bagi Bunda yang sedang hamil, jangan anggap remeh masa kehamilan, dengarkan bahasa dari dalam tubuh untuk mencukupi apa saja yang dibutuhkan agar anak yang dilahirkan menjadi sehat mulai dari vitamin, nutrisi hingga olahraga untuk ibu hamil. Faktor mager (malas gerak) lebih sering jadi penghambat.
  2. Memasuki umur 1 - 3 tahun, kunci utama pengamatan gejala autis pada anak (termasuk ciri - ciri anak autis) juga tanda - tanda yang muncul terletak pada orang tua, bukan orang lain. Amati dan catat dengan teliti tumbuh kembang anak seperti perkembangan fisik, kemampuan verbal dan non verbal dan sebagainya. Bandingkan dengan standar tumbuh kembang anak seusianya. Pelajari kemungkinan faktor penyebab anak autis berikut gejalanya dari informasi masukan seperti dari literatur, diskusi, buku atau informasi lain yang ada di internet.
  3. Ketika hasil pengamatan itu, Bunda merasa bahwa anak tersebut menderita kelainan autis, jangan buru buru untuk menyimpulkan sepihak. Tak perlu juga tergesa - gesa memutuskan merk nama obat untuk anak autis termahal yang akan diberikan pada anak tersebut, sebab tidak ada jaminan obat untuk anak autis yang mahal pasti kompatibel bagi tubuhnya. Yang bisa menentukan kompatibel (diterima tubuh) atau tidaknya hanyalah sistem tubuh pada anak autis tersebut.
  4. Bawalah hasil pengamatan dan diagnosa Bunda itu sebagai bahan konsultasi lebih lanjut pada dokter ahli, psikolog dan praktisi yang mendukung hasil diagnosa Bunda untuk dijadikan kesimpulan tetap. Bisa saja gejala yang Bunda amati bukan menunjukkan kelainan autis atau mungkin sebagai gejala anak berkebutuhan khusus lain seperti down syndrome, asperger syndrome, rett syndrome, cerebral palsy pada anak dan lain sebagainya. Bila dibutuhkan hasil pemeriksaan laboratorium, lakukanlah, sebab faktor penyebab anak autis bukan penyebab tunggal, melainkan banyak faktor yang saling berhubungan.
  5. Jangan menciptakan ketergantungan si anak pada obat medis berbahan sintetis, pelajari kembali efek samping negatif obat yang akan ditimbulkan. Sudah bukan jadi rahasia umum bila obat sintetis hanya meredakan sakit sementara, jarang yang menyembuhkan. Terkadang zat aktif yang digunakan dianggap tidak kompatibel oleh sistem tubuh itu sendiri. Meski kemampuan terbatas, jangan menutup diri untuk belajar lebih banyak, terima informasi soal alternatif terapi seperti obat herbal untuk anak autis, penggunaan probiotik untuk anak autis guna memperbaiki sistem metabolisme anak, bagaimana dampaknya bila kekebalan tubuh menurun, bagaimana bila anak autis kekurangan enzim juga hormon, bagaimana bila sistem pencernaan tidak optimal, bagaimana menangani anak autis bila mengalami kerusakan fungsi organ, dan sebagainya. Banyak sekali faktor lain dari penyebab anak autis yang saling berhubungan, terkadang autis hanya dilihat dari satu sisi tanpa pernah mendalami sisi yang lain.
  6. Kupaslah lebih dalam apa sebenarnya makna dari makanan sehat untuk anak autis, pemahaman ini penting karena berhubungan dengan sistem pencernaan anak autis yang rata - rata begitu sensitif. Yang dihadirkan di meja makan apakah pembatasan pola makan, pemberian makanan sehat atau sekadar dilarang makan A, dilarang makan B dan seterusnya yang justru akan berdampak buruk bagi bagian tubuh yang lain? Makanan sehat itu mulai hadir sejak budidaya hingga pengolahan dan disajikan di meja makan. Sepertinya sepele, namun justru hal kecil ini sangat mempengaruhi sistem pencernaan karena bahan pangan dapat tercemar setiap saat baik itu logam berat, radikal bebas, bakteri hingga virus membahayakan yang dapat mempengaruhi kesehatan anak autis yang begitu sensitif.
  7. Keputusan yang terbaik bagi anak terletak pada orang tua, atas dasar hasil konsultasi dan data pemeriksaan yang memang dibutuhkan. Gunakan semua itu sebagai pertimbangan untuk mendapatkan treatment bagi anak yang sesuai, mulai dari jenis terapi, kebutuhan aneka nutrisi makanan untuk anak autis dan sebagainya. Singkatnya, tak ada yang lebih baik daripada Bunda dan keluarga menjalani kehidupan dengan sehat secara fisik maupun mental. Apapun obat yang direkomendasikan pemberi resep atau ratusan solusi bagi penanganan anak autis, tetap saja pilihan untuk mengatasi banyak faktor penyebab anak autis ada pada diri Anda.
Hal yang juga penting adalah menjaga semangat orang tua agar selalu membuat anak autis untuk tumbuh dan berkembang memperbaiki dirinya. Pastikanlah lebih cepat atas pelayanan yang efektif, perawatan dan pendidikan untuk anak autis. Semakin cepat anak tersebut menerima perawatan yang tepat, semakin baik hasil yang didapatkan (meskipun tidak pernah ada kata terlambat untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan). Kemajuan mereka melalui kehidupan mungkin lebih lambat daripada yang lain, tetapi mereka masih dapat hidup bahagia dan produktif dengan dukungan semua pihak yang sesuai.

Semoga catatan Kunci Rahasia Terapi Penanganan Penyebab Anak Autis ini bermanfaat.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »