Ternyata Anak Down Syndrome Juga Bisa Kekurangan Hormon Tiroid

Lekurangan Hormon Tiroid
Tanda - tanda permasalahan gangguan kesehatan yang muncul pada anak down syndrome dapat bervariasi mulai dari yang tidak tampak sama sekali, tampak minimal sampai tampak muncul dengan tanda yang khas. Salah satu gangguan kesehatan yang menyertai anak down syndrome adalah kekurangan hormon tiroid. Fungsi hormon tiroid adalah menstimulasi metabolisme dari sel - sel tubuh. Persoalannya adalah terkadang jumlah hormon ini tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pengertian Hormon Tiroid

Hormon tiroid adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid yang berbentuk seperti kupu - kupu dan letaknya berada di tengah leher bagian depan. Hormon tiroid utama yang dihasilkan kelenjar tiroid adalah Hormon Tiroksin (T4). Hormon lain yang dihasilkan kelenjar tiroid adalah Hormon Triiodothyronine (T3) dan Hormon Kalsitonin. Untuk dapat bekerja dan berfungsi secara optimal dalam menghasilkan kelompok hormon tiroid, maka kelenjar tiroid memerlukan perintah dari kelenjar pituari yang berperan sebagai pemicu hormon tiroid. Kelenjar yang berada di dekat dasar otak ini akan memproduksi, menyimpan, dan melepaskan Thyroid Stimulating Hormone (TSH) atau pemicu hormon tiroid.

Semua kerja dari hormon tiroid tersebut diatur oleh otak, jadi dalam kondisi normal ketika tubuh kekurangan hormon tiroid (Hipotiroid) atau kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) maka otak akan merangsang kinerja hormon tersebut untuk mengatur agar tetap seimbang. Namun demikian kekurangan hormon tiroid dapat terjadi pada siapa saja begitu juga dengan anak down syndrome. Jumlah Thyroid Stimulating Hormone (TSH) dapat menjadi salah satu pengukur tubuh kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, disamping memeriksa juga T3 dan T4 kadar hormon tiroid.

Gejala Akibat Kekurangan Hormon Tiroid

Bagi anak down syndrome, kekurangan hormon tiroid (Hipotiroid) juga akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuhnya. Beberapa gejala akibat kekurangan hormon tiroid pada anak down sydrome antara lain:
  1. Mengalami perlambatan metabolisme tubuh,
  2. Mudah mengalami obesitas (kenaikan berat badan),
  3. Tubuh mudah kehilangan tenaga (energi),
  4. Perlambatan perkembangan mental dan fisik,
  5. Mengalami kesulitan berpikir dan berkonsentrasi,
  6. Detak jantung lebih lambat dibandingkan kondisi normal,
  7. Kesulitan buang air besar (BAB/Sembelit) atau konstipasi pada anak down syndrome,
  8. Pembengkakkan dan edema kulit, terutama dibawah mata dan di pergelangan kaki,
  9. Terlalu peka terhadap udara dingin,
  10. Kadar kolesterol tinggi/cenderung meningkat,
  11. Rambut kering dan mudah patah,
  12. Memiliki kulit kering,
  13. Sering mengalami depresi,
  14. Gangguan pada fungsi reproduksi organ intim,
  15. Memiliki suara yang lebih serak,
  16. Mudah lelah.
Itulah beberapa gejala anak down syndrome kekurangan hormon tiroid.

Baca juga:
Permasalahan Gangguan Kesehatan Anak Down Syndrome yang Lain.
Anak Kekurangan Hormon Tiroid?, Ini Makanan yang Dianjurkan.

Gangguan hormon tiroid serius pada anak down syndrome dapat mempengaruhi kualitas hidup dan memiliki dampak yang besar pada kehidupan mereka sehari - hari. Sistem metabolisme yang terganggu kemungkinan besar disebabkan oleh tidak berfungsi dengan baiknya kelenjar tiroid sehingga berdampak pada tubuh anak down syndrome kekurangan hormon tiroid.

Jaga dengan sigap selalu, jangan biarkan meningkatnya permasalahan gangguan kesehatan pada anak.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »