Simak Beberapa Ciri Down Syndrome Ringan Terbaru

Ciri Down Syndrome Ringan
Down syndrome adalah kelainan kromosom yang dapat terjadi saat kehamilan pada siapa saja. Keadaan ini bukanlah akhir dari kehidupan anak dan orang tuanya. Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang semakin canggih, penyandang down syndrome dapat hidup dengan baik dan berkembang optimal. Anak dengan ciri down syndrome dan anak normal umumnya pada dasarnya memiliki tujuan yang sama dalam tugas tumbuh kembangnya, yaitu mencapai tahap kemandirian secara personal. Namun, perkembangan anak down syndrome lebih lambat dibanding anak normal. Berdasarkan ciri karakteristik perkembangan kemampuannya, down syndrome dibedakan menjadi ciri down syndrome ringan, sedang dan berat.

Lima tahun pertama merupakan masa - masa emas untuk perkembangan anak down syndrome. Penanganan dini (Early intervention) amat penting untuk dilakukan dalam masa itu. Berdasarkan hasil diagnosa dan assessment mengenai keadaannya saat itu barulah dilakukan penanganan dini. Kemudian melihat perkembangan kondisinya barulah terapi fisik (fisioterapi), okupasi, wicara, dan kemandirian bisa dilakukan bersamaan. Bila suatu ketika si anak mengalami persoalan kesehatan yang berhubungan dengan keadaan fisiknya, seperti jantung atau paru-paru, maka penanganan medis menjadi prioritas utama. Saat kondisinya kembali sehat dan kuat, terapi penanganan dini baru mulai dilakukan kembali. Setelah itu, pendidikan formal dapat dijalankan. Mungkin mereka memang tidak bisa mengikuti pendidikan layaknya murid di sekolah umum. Namun mereka tetap dapat belajar sesuai dengan potensinya.

Ciri Down Syndrome Ringan

Berdasarkan tingkat kemampuannya, berikut adalah beberapa ciri down syndrome ringan:
  • Kemampuan berbicara anak down syndrome ringan lancar berbicara, namun ada juga anak lambat bicara.
  • Memiliki kekurangan jumlah perbendaharaan kata dalam berbicara/berkomunikasi.
  • Mengalami kesulitan berpikir yang abstrak.
  • Daya imajinasi dibawah normal.
  • Tidak bisa berpikir yang berat - berat, tapi masih mampu mengikuti kegiatan belajar dalam batas - batas tertentu.
  • Kecerdasan IQ anak dengan ciri down syndrome ringan pada umur 16 tahun baru mencapai kecerdasan yang sama dengan anak normal umur 12 tahun.
Baca juga: Ciri Down Syndrome pada Bayi.

Meskipun anak down syndrome memiliki gangguan daya pikir dan belajar, mereka juga memiliki bakat terpendam yang dapat dibina dan dikembangkan seperti bakat melukis, musik dan olahraga. Tak jarang mereka juga termasuk kategori orang - orang yang penyayang dan berhati lembut, kadang mereka sering menyapa meski pada orang yang belum dikenal sekalipun.
Dengan penanganan yang baik dan konsisten, para penyandang down syndrome dapat berkembang optimal dan hidup dengan baik. Ditambah dengan sifat bawaannya yang biasanya ramah dan senang bergaul, mereka dapat menyesuaikan diri dengan cukup baik dengan lingkungannya.

Demikian penjelasan singkat Ciri Down Syndrome Ringan.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »