Jangan Salah, Ini Beda Anak Autis dan Down Syndrome

Perbedaan Anak Autis dan Anak Down Syndrome
Masih adanya persepsi bahwa anak down syndrome dengan anak autis dianggap sama oleh masyarakat membuat penulis merasa perlu untuk mengulasnya lebih dalam. Bahwa, sebenarnya kedua hal tersebut sangat berbeda. Apa saja perbedaan autis dan down syndrome (sindrom down)?. Yuk, kita simak beberapa penjelasan singkat berikut.

Perbedaan Autis dan Down Syndrome dari Faktor Penyebab

Sekilas gambaran perbedaan keduanya dari faktor penyebab yang paling menonjol.

Penyebab anak autis:
Autis bisa terjadi karena banyak faktor seperti: faktor kelemahan genetik, gangguan pertumbuhan sel otak pada janin, gangguan sistem pencernaan, infeksi virus dan bakteri, akibat keracunan logam berat, dan gangguan auto-imun, juga bisa disebabkan karena persoalan pada masa kehamilan pada ibu yang hamil di usia lebih dari 35 tahun, juga bisa terjadi setelah masa persalinan. Silahkan baca yang lebih lengkap: Penyebab Anak Autis.

Penyebab Down Syndrome:
Anak down syndrome lebih banyak disebabkan karena kelainan genetik, yaitu kegagalan pembelahan sel, kelainan kromosom sejak dalam kehamilan. Kelainan ini dapat disebabkan oleh gen kedua orang tua atau kesalahan mengonsumsi jenis makanan yang tak sehat pada saat ibu mengandung. Silahkan baca yang lain soal: Penyebab Down Syndrome.

Perbedaan Anak Autis dan Down Syndrome dari Ciri - Ciri Fisik Penampilan

Dari ciri ciri fisik sangat jelas keduanya memiliki perbedaan.
Ciri Ciri Anak Autis:
  • Ciri fisik anak autis tidak dapat dilihat ketika bayi baru lahir, butuh waktu minimal 5 - 6 bulan baru bisa diamati.
  • Pertumbuhan dan perkembangan anak autis sama dengan anak normal lain, namun terjadi kelainan pertumbuhan mulai pada usia tertentu atau pertumbuhan berhenti pada usia tertentu.
  • Wajah anak autis mirip, kemiripan yang menonjol terletak pada mata dan bibir, dimana mata anak yang mengalami autis tidak mampu fokus pada satu titik dan bibir sangat terlihat menonjol ketika dia mengalami gangguan komunikasi seperti tidak mampu menyampikan apa yang dia maksud dengan benar dan cenderung mengulang - ngulang dalam pengucapan. Ini lebih disebabkan oleh gangguan ketrampilan berbicara, bukan karena cacat kelahiran. Silahkan baca lebih lengkap mengenai: Ciri Ciri Anak Autis.
Ciri Ciri Anak Down Syndrome:
  • Ciri - ciri fisik down syndrome sudah bisa ditemukan setelah bayi lahir.
  • Kelainan kromosom terjadi sejak dalam kandungan.
  • Fisik anak down syndrome semua memiliki tanda khas yang sama dan sangat mudah dikenali. Adanya penampilan fisik yang menonjol berupa bentuk kepala yang relatif kecil dari normal (microchephaly) dengan bagian anteroposterior kepala mendatar, terdapat juga kesamaa pada bagian wajah dan tangan. Silahkan baca pada bagian: Ciri Ciri Anak Down Syndrome.

Perbedaan Anak Autis dan Down Syndrome dari Kemampuan Aktualisasi Diri

Pada Ciri Ciri Anak Autis:
  • Sebagian besar anak autis memiliki IQ normal dan beberapa anak lain bahkan memiliki IQ yang lebih tinggi.
  • Anak autis mengalami kesulitan berkomunikasi akibat keterlambatan penyampaian impuls, respon.
  • Anak autis kurang dapat menunjukkan emosinya dan sulit membangun suatu hubungan atau kedekatan dengan orang lain.
Pada ciri ciri anak down syndrome:
  • Rata-rata IQ para penyandang down syndrome di bawah IQ normal.
  • Anak down syndrome mengalami mengalami kesulitan berkomunikasi akibat adanya gangguan fungsi otak yang berperan dalam proses perkembangan keterampilan.
  • Anak down syndrome lebih mudah menjalin ikatan atau kedekatan dengan orang lain.

Perbedaan Anak Autis dan Down Syndrome dari Terapi Penanganan

Selain manajemen nutrisi melalui pemberian menu makanan sehat dan mengkonsumsi rutin probiotik untuk anak autis atau probiotik untuk anak berkebutuhan khusus seperti probiotik Autiepro, Talami, Autiedrop dan madu probiotik Autieen maka terapi - terapi lain yang berfungsi untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan diri juga mutlak diperlukan. Namun ada perbedaan terapi penanganan yang dapat dilihat pada keduanya.

Terapi Anak Autis: lebih fokus pada terapi konseling agar penderita mampu memahami dan menerima dirinya apa adanya serta pendidikan - pendidikan tertentu yang membuat mereka lebih dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak lainnya.

Terapi Anak Down Syndrome: lebih fokus untuk mengajarkan suatu keterampilan khusus sehingga mereka dapat hidup mandiri, baik dalam segi keuangan maupun berkomunikasi sebab mereka kesulitan saat harus melakukan sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir, logika, dan analisa.

Ingat, tak perlu membeda - bedakan kasih sayang pada mereka. Mereka juga manusia yang butuh penerimaan apa adanya dari lingkungan sekitar guna membuat hidup mereka jadi lebih baik. Itulah pentingnya memahami perbedaan autis dan down syndrome, agar kita semua tak salah mensikapi pergaulan dengan mereka.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »