Cara Kerja Probiotik untuk Anak Autis dan Anak Berkebutuhan Khusus Lain pada Saluran Pencernaan (Bagian Pertama)

Kali ini aplikator komunitas kelas probiotik akan menguraikan singkat cara kerja probiotik untuk anak autis dan anak berkebutuhan khusus lainnya, sementara cara menggunakan probiotik melalui berbagai aplikasi di rumah sendiri ada pada penjelasan masing - masing produk probiotik terbaik di situs ini.
Mencari informasi soal probiotik untuk kesehatan, masih sangat terbatas. Manfaatkanlah salah satu situs komunitas kelas probiotik ini untuk kebutuhan Bunda yang positif saja. Terbatasnya informasi lebih disebabkan pertimbangan kewaspadan, sebab bakteri juga bisa digunakan di banyak bidang teknologi seperti perikanan, petanian hingga industri persenjataan paling mematikan dalam hitungan detik. Mungkin itu juga jadi penyebab banyak ahli di bidangnya tidak mau membahas secara vulgar mengenai peran penting bakteri probiotik ini. Kembali ke topik.

Untuk memahami cara kerja probiotik, mari kita ulang beberapa pemahaman mendasar yang dibutuhkan.
  1. Mengulang pengertian probiotik, probiotik adalah bakteri yang menguntungkan, dan bila dikonsumsi akan memberi manfaat positif bagi tubuh. Ini menurut pemahaman umum yang sudah beredar.
  2. Pembagian istilah bakteri yang menguntungkan/bermanfaat dan bakteri yang merugikan/berbahaya sebenarnya hanya demi kepraktisan ilmuwan dan para praktisi saja. Perlu diingat, bahwa masih ada bakteri penghuni saluran pencernaan/usus manusia yang sebagian besar berkarakter netral yang diistilahkan sebagai bakteri netral. Koloni - koloni bakteri ini akan menjadi bermanfaat atau berbahaya tergantung perubahan lingkungan yang dipicu oleh pemilik tubuh sendiri, yaitu manusianya.
  3. Saluran pencernaan merupakan pusat terbesar aktivitas ekosistem bakteri, meskipun di ruang - ruang yang terdapat pada tubuh manusia mulai dari ujung kaki, juga tersebar aneka koloni mikroba yang bermanfaat bagi tubuh.
Di satu sisi ada dunia yang berusaha memerangi mikroba/bakteri, di sisi yang lain ada juga yang makin menyadari bahwa bagi mereka, mikroba/bakteri itu adalah sahabat manusia. Jujur, selain daya kekuatan Tuhan berupa ruh bagi manusia, tanpa peran mikroba/bakteri kiranya kita manusia tak bisa tumbuh, beraktivitas, mencerna hingga melakukan metabolisme makanan kita. Atas kerja keras merekalah enzim dapat digunakan secara terus menerus. Sungguh manusia adalah makhluk paling hina, tak menyadari kalau dirinya memang tak bisa apa - apa hingga kotoran mikroba pun kita makan dengan lahapnya, tanpa ras syukur yang mendalam.

Dari penjelasan diatas maka kunci tubuh manusia yang sehat, pertama adalah dengan mendukung koloni bakteri probiotik (bakteri yang menguntungkan) dalam saluran pencernaan agar dapat hidup sehat. Kedua, menjaga agar jangan sampai terjadi perubahan karakter koloni bakteri netral menjadi bakteri yang merugikan. Seperti di kehidupan manusia, perubahan karakter bisa terjadi, misalnya hari ini baik, besok jahat, begitu seterusnya. Nah ini dipelajari, apa yang mempengaruhi perubahan karakter bakteri netral tersebut dalam saluran pencernaan. Bila bakteri probiotik itu diibaratkan tokoh yang berperan sebagai manager, maka bakteri netral itu lebih ke tipe pekerja dan jumlahnya pun lebih banyak.

Bagaimana Cara Kerja Probiotik Atasi Perubahan Karakter Bakteri Netral?
Tulisan artikel probiotik ini bersambung pada cara kerja probiotik bagian kedua.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »