Ini Ciri Ciri Bayi Down Syndrome, Bunda Tak Perlu Kuatir Dulu

Banyaknya kasus - kasus anak berkebutuhan khusus seperti autis pada anak, down syndrome pada bayi, anak down syndrome, cerebral palsy pada anak, dan lainnya tentu akan terus menjadi hikmah bagi semua keluarga terutama pasangan muda yang baru saja menikah agar selalu merencanakan kehamilan dengan sebaik - baiknya. Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati. Walaupun secara harfiah apapun yang terjadi adalah kehendak Tuhan, namun mencegah lahirnya bayi down syndrome adalah usaha wajib yang perlu dilakukan sebagai wujud syukur pada Tuhan.

Down syndrome pada bayi adalah kasus kelainan genetik, kelainan kromosom yang secara fisik menyebabkan bayi down syndrome memiliki ciri ciri khusus, yang selanjutnya bila tak tertangani dengan serius akan menyebabkan kegagalan tumbuh kembang seperti kemampuan belajar, ketrampilan dan keahlian hingga dewasa nanti.
Tak hanya itu, bayi down syndrome dalam perkembangannya nanti dapat memiliki keterbelakangan mental, termasuk kondisi fisik yang lemah akibat komplikasi dengan penyakit lain, sebab mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Ciri Ciri Bayi Down Syndrome

Untuk mencegah terjadinya kasus kelainan genetik seperti lahirnya bayi down syndrome ini, maka salah satu yang perlu dilakukan dengan tindakan nyata selama masa kehamilan adalah wajib memperhatikan kesehatan dan juga mengatur secara rutin asupan nutrisi dari menu - menu makanan sehat buat ibu hamil. Berikut adalah beberapa ciri ciri bayi down syndrome yang dapat dikenali sejak awal sehingga Bunda dapat melakukan perawatan yang dibutuhkan.
  1. Bayi ini memiliki mata yang bentuknya mirip seperti kacang almond atau disebut juga Almond Shaped Eyes.
  2. Jika wajah bayi down syndrome dilihat dari samping akan terlihat raut wajah datar, cenderung rata kurang berlekuk. Bagian hidung yang terletak di antara mata hampir tidak menonjol (flat nasal bridge).
  3. Ketika dipegang atau digendong, tubuh pada ciri ciri bayi down syndrome terasa lemas karena otot - ototnya yang lemah (Hypotonia). Kondisi ini mempengaruhi otot wajah hingga ujung kaki.
  4. Jari - jari tangan terlihat lebih pendek.
  5. Ada jarak yang cukup lebar di antara ibu jari dengan jari telunjuk. terlihat nyata pada jempol dan telunjuk kaki.
  6. Rambut tipis dan jarang.
  7. Telinga kecil dan letaknya agak rendah/agak dibawah.
  8. Bayi down syndrome memiliki lipatan simbian (simbian crease) pada telapak tangan yaitu dengan membentuk garis dari ujung ke ujung telapak tangan.
  9. leher lebih lebar dari ukuran biasa, sehingga sering terlihat lebih pendek.
  10. Ciri ciri bayi down syndrome paling khas adalah sering menjulurkan lidah, disebabkan karena ukuran mulutnya kecil, sementara lidahnya lebar/tebal.
Itulah beberapa ciri ciri bayi down syndrome. Bila Bunda sedang dalam masa kehamilan, pastikan terus konsumsi rutin makanan sehat buat ibu hamil demi menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »