Makanan yang Dianjurkan untuk Anak Down Syndrome Kekurangan Hormon Tiroid (Hipotiroid)

Makanan Sehat untuk Anak Down Syndrome
Kekurangan hormon tiroid yang aktif akan menyebabkan anak down syndrome mengalami apa yang diistilahkan sebagai Hipotiroidism. Hipotiroidism adalah gangguan umum dimana kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon yang cukup. Kekurangan hormon tiroid yang aktif juga dapat menyebabkan terlambatnya metabolisme tubuh. Kekurangan hormon tiroid yang tak teratasi akan menjadi penyebab kondisi kesehatan yang rumit bagi anak down syndrome, juga akan mempengaruhi fase perawatan lain dan tumbuh kembangnya.

Hipotiroid akibat terjadinya defisiensi hormon tiroid, ataupun gangguan respon jaringan terhadap hormon tiroid. Hipotiroid adalah menurunnya produksi hormon tiroid pada kalenjar tiroid. Kalenjar tiroid sendiri bertugas melepas hormon tiroid keseluruh tubuh lewat pembuluh darah. Pada kasus hipotiroid, pelepasan ini tidak bisa terlaksana dengan baik sehingga berbagai aktivitas fisik dan mental akan ikut terganggu.

Makanan untuk Hipotiroid Anak Down Syndrome

Makanan dengan standar syarat makanan sehat adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi peran dan fungsi kelenjar tiroid agar lebih optimal. Oleh karena itu selektiflah dalam mengatur menu makanan sehat untuk anak down syndrome, bisa menjadi cara pencegahan dan membantu pengobatan bagi anak down syndrome penderita hipotiroid.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk mengatasi kekurangan hormon tiroid (Hipotiroid) pada anak down syndrome.

Garam Yodium

Kelenjar tiroid membutuhkan garam yodium untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu dianjurkan bagi anak down syndrome yang kekurangan hormon tiroid (Hipotiroid) untuk mengkonsumsi makanan yang kaya yodium karena dapat membantu merangsang produksi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid. Garam beryodium ini dijual bebas dan bisa didapat dengan mudah. Namun, tak semua garam mengandung yodium. Garam laut dan garam yang digunakan untuk memproses masakan, umumnya tak beryodium. Karena itu, perhatikan label kemasan dan pastikan Bunda memilih garam beryodium.

Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat adalah salah satu alternatif makanan sehat untuk anak down syndrome. Makanan ini dapat membantu mengurangi berat badan, membantu buang air besar secara teratur, dan menurunkan kolesterol. Serat khususnya dapat menangani tiga gejala hipotiroidism; kenaikan berat badan, sembelit/konstipasi, dan meningkatkan kolesterol serum. Contoh makanan kaya serat yang sehat adalah beras merah. Lebih baik jika beras merah probiotik maksudnya beras merah yang sudah mengandung probiotik. Makanan kaya serat yang lain adalah sereal, oatmeals, sebagian besar buah dan sayuran.

Makanan Kaya Selenium

Selenium merupakan suatu antioksidan kuat yang tidak hanya mencegah kerusakan sel dari radikal bebas, tapi juga diperlukan untuk pembentukan hormon tiroid dan membantu mengatur fungsi tiroid. Berbagai makanan yang kaya selenium misalnya kacang brazil, ikan tuna, tiram, ikan pedang, ikan salmon, ikan haring, daging sapi, kalkun, udang, kepiting, telur, keju, jamur, dan lain-lain.

Makanan Kaya Vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat berhubungan erat dengan Hashimoto’s disease (penyakit autoimun) atau salah satu penyebab paling umum penderita kekurangan hormon tiroid (hipotiroidism). Conroh sumber vitamin D seperti Minyak hati ikan kod, tuna kaleng, sarden, kedelai, susu, dan lainnya. Memperkaya vitamin D dipercaya akan membantu untuk mengangkut hormon tiroid ke dalam sel dan mengarahkan pada jalur hormon yang tepat. Itu juga mengatur fungsi kekebalan tubuh yang tidak teratur. Bagi yang gemar susu, maka campurkanlah dengan minimal 1 sendok makan probiotik Talami, probiotik untuk anak down syndrome. Lalu diamkan beberapa saat sebelum diminum. Khusus fungsi probiotik Talami adalah memecah senyawa kompleks dari susu agar tidak mengendap lama di dalam lambung, juga meringankan kerja enzim. Silahkan baca lebih lengkap.

Kacang-kacangan

Kacang mete, almond, dan kacang Brazil adalah sumber lain magnesium. Bahkan, kacang Brazil selain mengandung magnesium, juga mengandung selenium, mineral lain yang membantu proses kerja tiroid di dalam tubuh. Kacang - kacangan juga sumber selenium yang baik untuk mendukung fungsi tiroid, juga mengatasi kekurangan hormon tiroid pada anak down syndrome. Selenium langsung mengatur produksi hormon tiroid dan mendukung konversi thyroxin (T4) kepada triiodothyronine (T3). Tetapi berhati-hati tentang ukuran porsi kacang, karena mereka sangat tinggi lemak. Konsumsi sedikit saja per hari untuk memenuhi kebutuhan selenium.

Makanan Kaya Omega - 3

Menurut para ahli, omega - 3 sangat penting untuk fungsi tiroid, bahkan membantu sel agar lebih sensitif terhadap hormon tiroid. Contohnya aneka jenis ikan dan minyak ikan. Ikan mengandung asam lemak omega - 3 EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang tinggi. Asam lemak Omega-3 juga memiliki efek anti-inflamasi yang bermanfaat untuk penyakit aoutoimun tiroid, yang biasanya dikaitkan dengan peradangan.

Sayuran Hijau

Bayam, selada, dan sayuran hijau lainnya adalah sumber terbaik magnesium, yaitu mineral yang memiliki peran besar dalam membantu metabolisme tubuh. Itu sebabnya, tiroid membutuhkan magnesium untuk melakukan tugasnya. Jika anak down syndrome sering sakit kepala, keram, dan merasakan jantung berdebar, bisa jadi itu adalah tanda bahwa tubuh kekurangan magnesium.

Daging Merah dan Tiram

Beberapa anak yang mengalami hipotiroid juga akan mengalami risiko defisiensi zat besi. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging sapi, kerang, tiram, daging kalkun gelap, dan bayam.

Rumput laut

Rumput laut jenis tertentu bisa dimasukkan dalam menu makanan sehat untuk anak down syndrome yang mengalami kekurangan hormon tiroid (Hipotiroidism), sebab rumput laut adalah mineral yang diperlukan oleh kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid T3 dan T4 (tiroksin). Pilihlah rumput laut dari jenis Nori, Wakame dan Dulse. Rumput laut terkenal karena digunakan untuk membuat gulungan sushi. Selain itu, rumput laut juga digunakan dalam sup dan salad dan tersedia dalam bentuk snack kering.

Konsumsi Minuman Probiotik Terbaik

Bagi anak down syndrome, mengkonsumsi secara langsung probiotik terbaik atau mencampurkannya pada makanan sebelum dimakan adalah untuk mengkoreksi faktor - faktor berbahaya bagi kesehatan sel - sel tubuh, seperti logam berat, atau efek radikal bebas yang bisa saja terbawa dari bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tentu saja sangat menganggu reaksi kimia yang akan dihasilkan untuk proses regenerasi sel. Contoh probiotik terbaik untuk anak down syndrome adalah probiotik Talami dan atau probiotik Autiepro Pyrus.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan untuk anak down syndrome kekurangan hormon tiroid (Hipotiroid). Untuk menyajikannya sebagai makanan sehat, pastikanlah selalu panduan syarat makanan sehat yang nyaman bagi keluarga.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »