Cara Paling Simpel Memahami Pengertian dan Arti Down Syndrome

Mungkin Bunda secara pribadi tidak memerlukan informasi tentang down syndrome, namun karena kebutuhan yang memaksa bunda untuk mengetahui serta memahami pengertian dan arti down syndrome. Pengetahuan tentang apa itu down syndrome sangat dibutuhkan sebagai dasar untuk mengelola pasien anak atau anak saudara Bunda yang berkebutuhan khusus ini.

Arti Down Syndrome

Arti Down Syndrome adalah Sindrom Down. Arti Sindrom adalah himpunan gejala atau tanda yang terjadi serentak (muncul bersama-sama) dan menandai ketidaknormalan tertentu, membentuk pola untuk dapat diidentifikasi lebih lanjut. Arti Down adalah kelainan genetik yang terjadi pada kromosom yang dikenal dengan nama trisomi 21.

Pengertian Down Syndrome

Down syndrome (Sindroma Down) adalah gangguan kesehatan bayi dan anak akibat kelainan genetik yang diakibatkan karena kegagalan pembelahan sel untuk memisahkan diri sehingga tubuh mengalami perkembangan yang tak normal. Kegagalan pembelahan sel dari yang seharusnya 23 pasang sel kromosom menjadi 23 pasang + 1 sel kromosom yang gagal tersebut. Kelainan pada kesehatan bayi dan anak down syndrome menyebabkan keterlambatan perkembangan mental dan fisik mengikuti usia tumbuh kembangnya.

Kelainan yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental ini pertama kali dikenal pada tahun 1866 oleh Dr. John Longdon Down. Karena ciri - ciri yang tampak aneh seperti tinggi badan yang relative pendek, kepala mengecil, hidung yang datar menyerupai orang Mongoloid maka Down Syndrome sering juga dikenal dengan istilah Sindrom Mongoloid. Namun pada tahun 1970-an para ahli dari Amerika dan Eropa merevisi nama dari kelainan yang terjadi pada anak tersebut dengan merujuk penemu pertama kali sindrom ini dengan istilah Down Syndrome (Sindrom Down) dan hingga kini penyakit ini dikenal dengan istilah yang sama.
(Sumber: wikipedia).

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »