Faktanya Probiotik untuk Anak Down Syndrome Memang Dibutuhkan

Sistem Imun Anak Down Syndrome
Selain persoalan keterlambatan perkembangan fisik dan mental, pada anak down syndrome juga ditemukan adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh (sistem imun) mereka. Padahal sistem kekebalan tubuh merupakan keseimbangan hubungan antar sel, sistem imun dan organ yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit. Sistem kekebalan tubuh bekerja untuk membuat antibodi yang melacak dan menghancurkan zat asing sebagai penyebab penyakit. Jika sistem imun tidak bekerja dengan baik, maka tubuh tidak memiliki perlawanan dan kita bisa sakit.

Berikut adalah beberapa fakta mendasar, yang bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk membantu terapi penanganan anak down syndrome (termasuk bayi down syndrome):
  1. Fakta pertama, bahwa dua pertiga sel - sel pertahanan tubuh berkumpul di dalam saluran pencernaan (usus). Jika lingkungan usus terganggu maka sistem imun dan daya hidup akan melemah.
  2. Fakta yang lain, bahwa otak dan usus saling terhubung secara biokimia. Jadi jika usus sehat, maka otak pada anak down syndrome pun sehat juga. Dengan demikian akan terjadi perubahan yang positif pada persoalan keterlambatan perkembangan dan kelemahan kognitif pada anak tersebut.
  3. Saluran pencernaan itu ibarat akar pada pohon. Saluran pencernaan berfungsi sebagai alat pencernaan (digestif) dan penyerapan (absorpsi). Karena itu saluran pencernaan harus sehat agar kedua fungsi di atas baik sehingga tubuh selalu tumbuh sehat dan produktif. Untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, makanan yang dikonsumsi haruslah sehat. Syarat makanan sehat bukan sekedar gizi semata. Bunda harus pintar memilih bahan makanan dan meraciknya menjadi menu makanan sehat untuk anak down syndrome.

Fungsi Penting Probiotik untuk Anak Down Syndrome

Salah satu cara untuk memperoleh makanan sehat adalah dengan memberikan asupan probiotik untuk anak down syndrome. Minuman probiotik terbaik adalah minuman hasil fermentasi mikroba asam laktat yang sangat diperlukan untuk memasok enzim yang menjadi kunci kesehatan manusia. Mengapa perlu menambah jumlah mikroba probiotik dari luar tubuh?, semata - mata untuk menjaga dan meningkatkan (menambah) keseimbangan mikroba di dalam tubuh agar keseimbangan yang sudah ada bekerja lebih optimal, dengan begitu produksi enzim juga optimal. Beberapa pilihan probiotik terbaik yang bisa dikonsumsi anak down syndrome, antara lain adalah probiotik Autiepro Pyrus (label hijau) dan Probiotik Talami. Sedangkan probiotik Autiedrop, digunakan untuk mengatasi infeksi telinga yang kerap ditemukan pada anak down syndrome.

Sebagian besar enzim dibuat oleh bakteri usus, tepatnya adalah oleh dominasi bakteri probiotik. Dengan terganggunya kegiatan bakteri bermanfaat (bakteri probiotik), maka keseimbangan bakteri usus secara keseluruhan juga terganggu dam tentu saja produksi enzim yang vital untuk sistem kekebalan tubuh anak down syndrome pun menurun.
Adanya keseimbangan probiotik atau bakteri baik yang hidup dalam saluran pencernaan memberikan manfaat baik bagi kesehatan anak down syndrome, sebab mikroba probiotik bertugas sebagai pengisi barisan terdepan sistem pertahanan saluran pencernaan. Dampak positifnya tubuh anak down syndrome akan selalu sehat dan tidak mudah sakit. Tumbuh kembang lebih optimal dan kecerdasan otaknya pun tidak selalu terhambat.

Silahkan baca lebih jauh tentang:
Itulah uraian artikel tentang pentingnya fungsi probiotik untuk anak down syndrome. Bahkan tidak hanya bagi anak down syndrome, enzim juga memegang peran vital pada tubuh anak berkebutuhan khusus lain yang sangat sensitif seperti anak autis, hiperaktif dan sejenisnya.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »