Selain Ciri Down Syndrome Ringan, Simak Ciri Karakteristik Lainnya

Tiap manusia dilahirkan ke dunia ini dengan membawa kelebihan dan kekurangan masing - masing untuk saling melengkapi guna melewati berbagai ujian yang diberikan Tuhan sebelum kembali pulang kepada-Nya, tentu dengan syarat mengerti betul kemana harus pulang kembali dengan selamat. Begitu pula dengan para penyandang down syndrome, mereka juga mempunyai kesempatan yang sama. Bisa jadi mereka yang lebih berpeluang kembali selamat dibanding orang normal.
Dalam berkehidupan di dunia dengan keterbatasan yang ada anak dengan ciri down syndrome ringan, sedang dan berat juga memiliki hak sama untuk memakmurkan dunia yang menjadi perintah Tuhan sebagai jembatan guna bertemu kembali dengan-Nya. Walaupun masih banyak orang yang men-cap penyandang down syndrome sebagai orang yang bodoh atau kurang cerdas, namun faktanya mereka juga dapat memiliki kemampuan yang istimewa dalam bidang - bidang tertentu seperti menggambar, menyanyi, bermain musik, dan sebagainya.

Anak Down Syndrome Berdasar Tingkatan Kemampuan

Tingkat ketidakmampuan belajar dan tantangan dalam pertumbuhan tidak selalu sama pada setiap anak dengan ciri - ciri down syndrome. Secara umum, anak dengan down syndrome cenderung lebih lambat dalam belajar keterampilan seperti meraih benda, duduk, berdiri, berjalan, dan berbicara. Namun, anak-anak dengan down syndrome masih bisa tumbuh normal secara kognitif dan sosial, hanya saja prosesnya membutuhkan waktu lebih lama daripada anak lain seusianya.
Berikut adalah beberapa ciri down syndrome berdasarkan tingkat kemamuan.

Karakteristik Anak dengan Ciri Down Syndrome Ringan

Khusus yang satu ini sudah dibahas, silahkan baca: Ciri Down Syndrome Ringan.

Karakteristik Anak dengan Ciri Down Syndrome Sedang

  • Hampir tidak bisa mempelajari dan mengikuti pelajaran - pelajaran akademik di sekolah.
  • Lebih diajari pelatihan dan ketrampialn untuk merawat diri sendiri dan yang berhubungan dengan aktivitas sehari - hari.
  • Umur dewasa anak down syndrome ini baru mencapai tingkat kecerdasan yang sama dengan anak normal umur 7 tahun.

Karakteristik Anak dengan Ciri Down Syndrome Berat dan Sangat Berat

  • Anak dengan ciri down syndrome berat dan sangat berat, sepanjang hidupnya akan selalu bertanggung pada pertolongan dan bantuan orang lain.
  • Mereka tidak dapat merawat dan memelihara diri.
  • Tidak dapat membedakan keadaan bahaya atau tidak.
  • Kurang dapat berbicara, ngobrol karena perbendaharaan kata sangat sedikit.
  • Tingkat kecerdasan hanya berkembang paling tinggi seperti anak normal yang berusia 3 atau 4 tahun.
  • Memiliki karakteristik pada kepala, muka dan leher seperti: paras muka yang mirip muka orang Mongol, pangkal hidungnya pendek, jarak diantara 2 mata jauh dan berlebihan kulit di sudut dalam.
Di sisi lain, anak dengan down syndrome juga bisa mengalami kesulitan tambahan seperti gangguan spektrum autisme atau attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) atau gangguan fungsi organ tertentu. Karena masalah ini, maka anak - anak dengan down syndrome membutuhkan dukungan ekstra saat mereka tumbuh dewasa dan mereka juga membutuhkan bantuan tambahan saat di sekolah.

Silahkan baca juga: Perbedaan Autis dan Down Syndrome.

Mempunyai anak dengan ciri down syndrome ringan, sedang, berat atau berat sekali tentu saja bukanlah hal yang mudah dan tentunya membutuhkan kesabaran ekstra dari orang tua maupun pendamping. Semoga dengan mengenali karakteristik kemampuan yang ada pada anak down syndrome tersebut diatas, dapat membantu orang tua maupun pendamping dalam memberikan perawatan yang terbaik bagi anak down syndrome. Sebab, kendati secara fisik mereka berbeda dengan anak lainnya namun mereka juga membutuhkan kasih sayang yang sama dari orang-orang di sekitarnya.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »