Manfaat, Kegunaan dan Fungsi Enzim dalam Metabolisme Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Kegunaan Enzim dalam Metabolisme Sel
Keberadaan jenis jenis enzim di dalam tubuh adalah sangat penting bagi proses metabolisme. Metabolisme bagi kesehatan tubuh begitu penting, tak ada satu manusiapun yang hidup tanpa proses metabolisme sel sebab adanya metabolisme sel adalah salah satu ciri yang menunjukkan gejala hidup pada manusia dan makhluk hidup yang lain. Sementara fungsi enzim dalam metabolisme tak bisa dilepaskan, sebab tanpa enzim semua reaksi metabolisme tak dapat berjalan. Metabolisme juga dapat diartikan sebagai penggunaan makanan yang masuk oleh tubuh. Simak alasan mengapa terjadi proses metabolisme di dalam tubuh? dalam tulisan lain di situs ini.

Bagi semua makhluk hidup seperti manusia normal maupan anak berkebutuhan khusus seperti anak autis, anak down syndrome dan lainnya keberadaan jenis jenis enzim dan fungsinya di dalam tubuh adalah untuk bertanggung jawab atas kelancaran sistem pencernaan, penyerapan dan sebagai alat transportasi (transport carier) bagi nutrisi dan zat - zat aktif untuk digunakan oleh sel - sel di seluruh tubuh. Bahkan fungsi enzim dalam metabolisme yang lain adalah bertugas membantu membersihkan sampah - sampah hasil metabolisme agar tubuh selalu bugar dan sehat, dibahas pada artikel selanjutnya.

Jenis - Jenis Enzim dan Fungsinya

Sedikit mengulang, pengertian enzim adalah bahan - bahan yang terlibat sebagai perantara atau katalisator dalam semua aktivitas pendukung kehidupan. Lebih lengkap silahkan baca definisi enzim pada bahasan sebelumnya. Tubuh manusia memiliki lebih dari 5.000 jenis enzim dengan manfaat dan fungsi enzim dalam metabolisme yang berbeda - beda, namun secara garis besar digolongkan menjadi:
  1. Enzim Pencernaan. Jenis enzim - enzim pencernaan adalah semua enzim yang dihasilkan oleh sel - sel makhluk hidup yang membantu pencernaan dan penyerapan makanan.
  2. Enzim Metabolisme. Jenis enzim - enzim metabolisme adalah enzim - enzim yang berhubungan secara langsung dengan semua aktivitas pendukung kehidupan, mengatur pembuangan bahan - bahan atau sampah yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh, memulihkan jantung dan organ - organ lain serta metabolisme energi di dalam sel.
Dari ribuan jenis enzim, enzim enzim pencernaan terdapat di sepanjang saluran pencernaan, yaitu kelenjar air liur, usus halus, usus besar, lambung dan pankreas. Bila diibaratkan, enzim pencernaan adalah tentara garis depan yang ikut menentukan kualitas kerja enzim metabolisme. Sedangka enzim metabolisme terdapat di seluruh tubuh serta bertanggung jawab terhadap kelancaran semua proses kimiawi yang terjadi, seperti siklus menstruasi, fungsi reproduksi, kemampuan berpikir, hingga sistem kekebalan tubuh. Bagaimana mekanisme kerja enzim?, secara sederhana akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Manfaat, Kegunaan dan Fungsi Enzim

Diambil dari situs the natural pharmacy, berikut antara lain adalah beberapa manfaat, kegunaan dan fungsi enzim dalam metabolisme:
  1. Menyeimbangkan hormon. Enzim metabolisme berperan dalam menguatkan fungsi sistem endokrin. Secara tidak langsung, cara kerjanya ikut menyeimbangkan hormon.
  2. Membersihkan darah. Beberapa jenis jamur, parasit, bakteri dan virus terdiri atas protein. Jika protein dari jamur, parasit, bakteri atau virus tersebut dianggap merugikan bagi tubuh, maka enzim protease (enzim yang bertugas merombak protein) akan merusak serta membuangnya dari aliran darah.
  3. Menstabilkan kadar lemak dalam darah. Enzim lipase bertugas mencerna lemak, sehingga berperan dalam menstabilkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Selain itu lipase juga berfungsi membuang lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga dapat mengurangi beben kerja empedu, liver dan pankreas. Apabila lipase berfungsi optimal maka tubuh kita akan terhindar dari obesitas dan berbagai penyakit yang menyertainya.
  4. Menstabilkan emosi. Enzim juga berperan dalam mengurai dan menyalurkan zat - zat makanan berupa glukosa dan asam - asam amino ke neurotransmitter di dalam otak. Kecukupan asupan zat makanan tersebut direspons oleh hipotalamus, pusat kenikmatan di dalam otak. Jika hipotalamus menilai asupannya cukup, maka ia akan memberikan sinyal bahwa asupan telah cukup sehingga tubuh akan merasa nyaman dan emosi bisa distabilkan.
  5. Menjaga kulit tetap awet muda. Jumlah enzim yang cukup akan melancarkan proses regenerasi sel, sehingga menunda proses pengerutan pada kulit. Enzim juga meningkatkan suplai darah dan memberi nutrisi pada kulit, serta membuat zat sampah yang dapat membuat kulit kusam atau berjerawat.
Itulah beberapa manfaat, kegunaan dan fungsi enzim dalam metabolisme tubuh setiap orang. Pastikan jangan sampai tubuh kekurangan enzim.

Catatan Bagi Penanganan Anak Autis dan Anak Berkebutuhan Khusus

Ketika Bunda kesulitan menangani masalah temper tantrum pada anak autis atau tingkat kestabilan emosi yang kurang pada anak berkebutuhan khusus lain maka perhatikanlah manfaat enzim pada point 4, hal tersebut bisa saja disebabkan karena kebutuhan enzim mereka belum optimal. Oleh karena itu salah satu cara mengatasi temper tantrum pada anak autis adalah dengan meningkatkan jumlah enzim melalui pasokan nutrisi kaya enzim dan tentu minuman fermentasi seperti probiotik Autiepro yang tersedia di situs ini. Sebelumnya lebih baik pelajari kembali informasi soal enzim dan probiotik terbaik yang ada pada situs ini.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »