Normalkah Bila Anak 2 Tahun Belum Bisa Bicara?

Penyebab Keterlambatan Bicara pada Anak
Lebih baik Bunda segera mencari solusi atau jalan keluar daripada memelihara rasa cemas bila mendapati anak 2 tahun belum bisa bicara. Ditemukan pada beberapa kasus terdapat kondisi anak terlambat bicara 2 tahun namun dapat pulih dengan sendirinya. Namun demikian bila kemampuan bicara tidak mengalami kemajuan, maka dimulai dengan mencari tahu penyebab anak lambat bicara (speech delay) lalu melakukan terapi bicara anak 2 tahun sejak dini akan sangat membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Sebab untuk mengoptimalkan fungsi otak berhubungan batasan usia, semakin tua semakin susah disuruh belajar, maka harus diitervensi sejak awal sehingga hasilnya lebih baik.

Banyak faktor yang menjadi penyebab anak 2 tahun belum bisa bicara, ada yang ringan dan ada pula yang berat. Ada yang membaik setelah usia tetentu dan juga bisa jadi tak menampakkan kemajuan. Penyebab gangguan perkembangan bahasa sangat banyak dan luas, semua gangguan mulai dari proses pendengaran, penerusan impuls ke otak, otak, otot atau organ pembuat suara. Beberapa faktor penyebab anak 2 tahun lambat bicara yang perlu diperhatikan antara lain:
  • Gangguan keterbelakangan mental (retardasi mental) seperti Autis Spectrum Disorde/ASD. ADHD, down syndrome ringan dan sebagainya.
  • Gangguan pada fungsi pendengaran, disebabkan karena kelainan pada beberapa sistem tubuh seperti otak, pendengaran dan fungsi motorik lainnya,
  • Adanya kelainan genetik atau kromosom,
  • Keadaan lingkungan sekitar anak seperti kasih sayang orang tua, lingkungan yang sepi, teknik atau cara mengajari anak bicara,
  • Ganggguan keterlambatan bicara fungsional (keterlambatan maturasi).
Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab anak 2 tahun belum bisa bicara yang cukup sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara golongan ini diakibatkan karena adanya keterlambatan maturitas (kematangan) dari proses sistem saraf pusat yang diperlukan untuk memproduksi kemampuan bicara pada anak. Dalam keadaan ini biasanya fungsi reseptif, dimana kemampuan anak untuk mengenal dan bereaksi terhadap seseorang, terhadap kejadian lingkungan sekitarnya,mengerti maksud mimik dan nada suara dan akhirnya mengerti kata-kata adalah sangat baik. Sedangkan dan kemampuan pemecahan masalah visuo - motor anak dalam keadaan normal. Anak hanya mengalami gangguan perkembangan ringan dalam fungsi ekspresif, yaitu kemampuan anak mengutarakan pikirannya, dimulai dari komunikasi preverbal (sebelum anak dapat berbicara), komunikasi dengan ekpresi wajah, gerakan tubuh, dan akhirnya dengan menggunakan kata-kata atau komunikasi verbal. Ciri khas lain adalah anak tidak menunjukkan kelainan neurologis, gangguan pendengaran, gangguan kecerdasan dan gangguan psikologis lainnya. Gangguan seperti ini sering dialami oleh laki-laki dan sering terdapat riwayat anak lambat bicara pada keluarga. Biasanya hal ini merupakan keterlambatan bicara yang ringan dan prognosisnya baik. Pada umumnya kemampuan bicara akan tampak membaik setelah memasuki usia 2 tahun.

Usahakan memperoleh informasi tentang kemampuan apa yang seharusnya dimiliki oleh anak pada usia tertentu agar jangan sampai terjadi anak 2 tahun belum bisa bicara. Usahakan memperkaya informasi tentang kondisi anak yang sebenarnya. Semakin dini mendeteksi kelainan atau gangguan tersebut maka semakin baik dan cepat pemulihannya. Semakin cepat diketahui penyebab gangguan anak 2 tahun belum bisa bicara dan bahasa maka semakin cepat rangsangan - rangsangan dan intervensi dapat dilakukan pada anak tersebut.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »