Cara Melatih Anak Berbicara Efektif dari Rumah Sendiri

Cara Mengajari Anak Bicara
Banyak orang tua yang selalu siap melakukan apa saja agar memiliki anak yang tumbuh dan berkembang secara optimal, seperti bagaimana cara meningkatkan daya ingat anak, meningkatkan kekebalan tubuh anak hingga mengatasi bila muncul berbagai persoalan kesehatan yang mengganggu tumbuh kembang si buah hati. Namun upaya optimal yang sudah dilakukan orang tua tersebut, pada kenyataannya masih banyak anak yang mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah anak lambat bicara, anak telat bicara 4 tahun dan sejenisnya, yang secara umum lebih dikenal dengan istilah speech delay pada anak. Untuk menghadapi persoalan ini, maka salah satu upaya adalah menerapkan strategi jitu cara melatih anak berbicara baik di rumah sendiri maupun di luar rumah.

Melatih anak berbicara sejak dini adalah mutlak dilakukan sebab berbicara adalah salah satu indikator tumbuh kembang anak. Anak yang lancar berbicara maka menunjukkan bahwa anak tersebut memiliki perkembangan yang baik atau normal. Begitu pula sebaliknya ketika anak lambat bicara maka anak perlu dilakukan penanganan dengan segera dengan melatih anak berbicara. Tujuan melatih anak berbicara adalah tersebut adalah untuk memberikan rangsangan yang baik dan benar kepada anak agar cepat berbicara. Untuk itu diperlukan sebuah cara melatih anak berbicara yang sangat efektif agar dapat menumbuhkan kemampuan berbicara hingga si kecil lancar dalam mengucapkan kata dan merangkai kalimat.

Cara Melatih Anak Berbicara

Bagi Bunda yang sedang menangani kasus speech delay pada anak, jangan khawatir karena Bunda bisa melakukan beberapa cara melatih anak berbicara di bawah ini. Berikut beberapa hal yang perlu Bunda lakukan untuk melatih sekaligus merangsang kemampuan anak berbicara.
  1. Biasakan Selalu Mengajak Anak Mengobrol. Bunda bisa mengaja anak ngobrol setiap hari, bercerita tentang petualangannya di hari itu, mengenalkan nama - nama benda. Berikanlah pertanyaan yang merangsang munculnya jawaban dari anak agar ia bercerita. Semakin sering berkomunikasi dengannya, itulah cara melatih anak berbicara.
  2. Mengajak Anak Bermain dan Belajar. Bunda bisa melakukan aktivitas seperti membaca gambar pada flash card, melihat foto bersama, bermain puzzle bergambar dan sebagainya. Dengan melihat berbagai gambar, Bunda dapat memintanya mengucapkan nama - nama benda yang terdapat pada gambar tersebut. Hal ini sangat efektif untuk merangsang anak mengucapkan kata - kata dan menambah perbedaharaan kosakata.
  3. Selalu Tanggapi Ocehannya. Ketika anak mengoceh, rajinlah menanggapinya karena fase mengoceh akan dilalui sebelum ia lancar berbicara. Cara melatih anak berbicara dengan memperbaiki setiap ocehan anak hingga ia dapat mengucapkan kata dengan benar. Juga minta anak untuk menirukan gerakan mulut dan ucapan secara perlahan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara.
  4. Mengajak Anak Bermain dengan Teman Seusianya. Tujuannya agar ia terbiasa berkomunikasi dengan orang lain.
Lakukanlah tips tersebut diatas dengan penuh kasih sayang dan kesabaran, sebab itulah kunci sukses melatih anak berbicara.

Untuk tips yang lain Bunda bisa baca juga: Cara Mengajari Anak Bicara.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Tak sekedar cara melatih anak berbicara saja. Latihan berkali - kali bila tak dibarengi dengan nutirisi atau gizi yang cukup tentu akan mempengaruhi daya tangkap anak dalam berlatih. Salah satu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak atas kosakata maupun rangkaian kata - kata dalam bentuk kalimat dalam setiap latihan maka Bunda jangan hemat untuk urusan makanan bergizi buat si kecil.
Berikanlah makanan bergizi lengkap seperti protein, vitamin A dan C, kalsium zat besi, omega 3, dan DHA tinggi dan lainnya. Jangan lupa pula berikanlah asupan minuman probiotik untuk anak guna mengoptimalkan nutrisi - nutrisi yang masuk dalam tubuh sehingga ia memiliki kemampuan daya ingat dan konsentrasi yang baik.

Demikian beberapa cara melatih anak berbicara yang dapat Bunda lakukan.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »