Ciri Ciri Anak Autis Mengalami Gangguan Pendengaran

Ciri Ciri Anak Autis
Tahukah Bunda, salah satu penyebab anak terlambat bicara adalah gangguan pendengaran? Lalu bagaimana jika gangguan tersebut terjadi pada anak autis? lalu bagaimana cara mendeteksi ciri ciri anak autis dengan gangguan pendengaran?

Proses manusia dibisakan oleh Tuhan dapat berbicara berawal dari suara yang masuk ke telinga manusia itu sendiri. Karena sebelum anak dapat berbicara mereka hanya dapat mendengarkan. Dari mendengar mereka belajar. Pendengaran manusia bermuara di dalam memori otak. Lalu Di dalam otak, kata - kata yang pernah didengar diproses oleh otak untuk di pahami dan dimengerti, kemudian perlahan - lahan mulut akan mencoba meniru kata - kata yang pernah di terima oleh otak.

Penyebab Gangguan Pendengaran pada Anak Autis

Penyebab gangguan pendengaran pada anak autis bisa beragam, antara lain kelainan yang sudah terjadi sejak kehamilan, faktor genetik, penggunaan obat-obatan tertentu saat kehamilan, berat badan bayi rendah, bayi tidak menangis saat lahir, bayi kuning, kejang, infeksi virus/bakteri, infeksi pada otak bahkan kelainan pada saraf otak maupun pendengaran.

Kondisi ini menjadi serius mengingat tanpa pendengaran normal, anak tidak dapat tumbuh maksimal. Ciri ciri anak autis yang tidak mampu mendengar dengan normal akan menghambat perkembangannya dalam berkomunikasi. Selain itu, juga akan mengganggu perkembangan kognitif, psikologi, dan sosial.
Rata-rata, anak-anak dengan pendengaran normal yang memiliki masalah autis, akan terdiagnosa di usia 3 tahun, sementara anak - anak dengan gangguan pendengaran yang juga autis, biasanya baru akan terdiagnosa di usia 5 1/2 tahun.

Baca Juga: Infeksi Telinga Akibat Bakteri Patogen pada Anak Autis

Berikut adalah beberapa ciri ciri anak autis yang mengalami gangguan pendengaran.

Masalah komunikasi non verbal

Ciri ciri anak autis yang mengalami gangguan pendengaran akan kesulitan membaca bahasa non verbal dari lawan bicara, juga memperlihatkan tidak adanya kontak mata yang baik saat berkomunikasi.

Ketertarikan atas sesuatu

Ciri ciri anak autis, akibat gangguan pendengaran maka mereka lebih tertarik pada sesuatu kegiatan yang akan menguras tenaga dan energi mereka lebih banyak.

Rutinitas

Anak autis dengan gangguan pendengaran biasanya lebih menyukai hal - hal yang bersifat rutinitas dan kurang menyukai hal - hal baru sebagai tantangan.

Interaksi dengan orang lain

Ciri ciri anak autis dengan gangguan pendengaran biasanya tidak memiliki keinginan kuat untuk mengajak orang lain bermain atau berbagi kegiatan bersama dengan orang lain. Gangguan pendengaran bisa mempengaruhi anak autis lebih menyukai mainan yang sifatnya berputar, atau permainan yang sifatnya pengulangan.

Efek alat bantu dengar

Persoalan sensoris membuat dipasangnya alat bantu dengar pada ciri ciri anak autis yang mengalami gangguan pendengaran tidak efektif. Efek alat bantu dengar lebih membuat anak autis sering merasa terganggu dengan suara keras, yang dihasilkan dari penggunaan alat bantu dengar. Tak ada kemajuan mendengar yang didapatkan. Alat bantu dengar bukan solusi efektif bagi anak autis pada persoalan ini. Berbeda dengan anak yang mengalami gangguan pendengaran tapi tanpa ciri ciri anak autis, bagi mereka alat bantu dengar menjadi bermanfat hingga fungsi pendengarannya membaik.

Mengatasi penyebab gangguan pendengaran pada anak autis akan sangat membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang lebih optimal.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »