Penanganan Bayi Down Syndrome, Rawatlah dengan Penuh Kasih Sayang

Bayi sindrom down
Demi perkembangan anak, maka lakukanlah semua dengan penuh kesabaran dan kasih sayang dalam setiap penanganan bayi down syndrome. Rawatlah ia dengan penuh kasih sayang sejak ia dilahirkan hingga ia dapat mengarungi kehidupan pribadinya sendiri, karena mereka juga merupakan amanah Tuhan pada Bunda yang tidak boleh dibeda - bedakan dari anak lainnya dalam soal merawat, mendidik dan membina. Bayi down syndrome biasa juga dikenal dengan istilah baby down syndrome, adalah anak yang lahir dengan kelainan kromosom atau lebih dikenal dengan kromosom 21. Persoalan genetik ini sangat mengganggu perkembangan mental dan fisik bayi down syndrome hingga dewasa bila tidak ditangani dengan segera. Bayi dengan down syndrome memiliki otot yang lemah yang beresiko memunculkan persoalan kesehatan lainnya, yang dapat berakibat pada makin kompleksnya penanganan bayi down syndrome.

Tips Merawat Bayi Down Syndrome

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu penanganan bayi down syndrome.

Saat Tidur

Anak atau bayi down syndrome (baby down syndrome) sering memiliki lidah yang membesar dengan otot yang buruk. Saat tidur lidar mereka dapat jatuh ke bagian belakang tenggorokan. Hal tersebut dapat menyebabkan suatu kondisi dimana seseorang dapat berhenti bernapas untuk waktu yang sangat singkat. Hampir 45% anak atau bayi down syndrome memiliki gejala seperti ini. Gejala seperti ini tidak masalah bagi bayi down syndrome, tanda mendengkur, gelisah tidur, suara terengah, terbangun malam dan sering mengantuk di siang hari adalah sebagai tanda anak tersebut tumbuh dan berkembang.

Mencapai Tahun Pertama

Down syndrome mempengaruhi kemampuan mereka untuk belajar dengan cara yang berbeda. Baik yang mengalami gangguan intelektual ringan maupun sedang. Mencapai tahun pertama merupakan tonggak penting bagi perkembangan masa depan anak. Maka sangat penting untuk beberapa terapi penting seperti terapi fisik untuk meningkatkan ketrampilan motorik dan meningkatkan massa dan kekuatan otot, terapi bicara dan bahasa untuk mengasah kemampuan mendengarkan, berbicara serta menangkap permasalahan, terapi ketrampilan hidup lainnya seperti latihan makan, latihan pakai pakaian sendiri, memegang pensil gambar dan lain - lain. Semua itu penting dilakukan sedini mungkin dengan harapan agar kemampuan bayi down syndrome tidak tertinggal jauh dengan kemampuan teman - teman seusianya di kemudian hari.

Kesehatan Tubuh Bayi Down Syndrome Perlu Dikelola

Komplikasi kesehatan lain cenderung dapat terjadi pada bayi sindrome down yang menyebabkan orang tua lebih sering melakukan konsultasi pada psikiater atau ahli kesehatan anak. Beberapa masalah yang umum tersebut antara lain:
  • Kelainan jantung. Kurang lebih lima puluh persen (50%) bayi down syndrome mengalami kelainan jantung. Dengan pemeriksaan ultrasound sebelum lahir, kondisi jantungnya dapat diidentifikasi. Terkadang bila organ hati bayi tampaknya tidak bermasalah, untuk memastikannya bayi harus menjalani pemeriksaan ekokardiogram di tiga bulan pertama.
  • Gangguan pendengaran. Bayi down syndrome bisa saja memiliki saluran telinga sempit sehingga rentan terhadap infeksi. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan telinga setiap enam bulan dan terus hingga usia tiga tahun, setelah itu tahap selanjutnya adalah rutin setiap tahun.
  • Gangguan mata. Masalah kesehatan mata mulai dari ringan hingga katarak dapat terjadi pada bayi down syndrome. Lebih dari separo penderita down syndrome mengalami gangguan pada mata. Pemeriksan rutin dapat dilakukan setahun atau dua tahun sekali.
  • Masalah pencernaan. Ada sekitar 2 - 16 % bayi down syndrome memiliki kelainan pada sistem pencernaan. Seperti tidak bisa mengusir kotoran, sering tersedak saat menyusui dan lainnya. Biasanya solusi dari problem ini adalah melakukan operasi.
  • Kerusakan Kelenjar Tiroid. Hampir sepuluh persen bayi down syndrome mengalami gangguan pada kelenjar tiroid. Bisa diperbaiki dengan obat - obatan alami agar reaksi obat kimia dapat ditekan.
Meskipun masalah kesehatan bayi down syndrome tersebut diatas seperti menakutkan, namun semua itu masih ada jalan keluar, yang penting sebagai orang tua lakukanlah semua dengan niat sungguh - sungguh mencari solusi bagi anak dan lakukanlah semua penanganan bayi down syndrome dengan penuh kasih sayang.

Seorang aplikator produk - produk probiotik terbaik yang dapat digunakan untuk manajemen nutrisi sehat bagi anak - anak berkebutuhan khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »