Peranan Enzim Bagi Metabolisme Sel (Metabolisme Tubuh)

Peranan Enzim

Minuman probiotik terbaik Autiepro sebagai hasil dari proses fermentasi yang kaya akan bakteri probiotik (bakteri yang menguntungkan) juga mengandung pemicu atau bahan aktif untuk memasok enzim yang efektif bagi kesehatan tubuh anak down syndrome, anak autis dan anak berkebutuhan khusus lainnya.
Memperbaiki kualitas dan kuantitas mikroba dalam keseimbangan siklus ekosistem mereka adalah cara yang berkesinambungan untuk mencapai kondisi kesehatan tubuh yang selalu optimal. Keseimbangan siklus probiotik akan membantu mengoptimalkan peranan enzim bagi metabolisme sel tubuh anak - anak yang berkebutuhan khusus tersebut.

Prinsip Dasar Metabolisme Sel (Metabolisme Tubuh)

Metabolisme sel adalah semua perubahan reaksi kimia dan energi yang terjadi di dalam tubuh atau metabolisme dapat diartikan sebagai penggunaan makanan oleh tubuh. Adanya proses metabolisme sel merupakan salah satu ciri yang menunjukkan gejala hidup pada makhluk hidup.

Fungsi Metabolisme Sel

Metabolisme sel yang terjadi pada makhluk hidup adalah untuk beberapa fungsi metabolisme, antara lain:
  1. Memperoleh dan menyimpan energi.
  2. Menyusun bahan makanan.
  3. Merombak struktur sel.
  4. Membentuk struktur sel.
  5. Memasukkan atau mengeluarkan zat - zat.
  6. Melakukan gerakan.
  7. Menanggapi rangsangan.
Nah, apabila terjadi gangguan komunikasi, fungsi sensorik, fungsi motorik, gangguan pada pencernaan, daya nalar yang rendah dan sebagainya pada anak berkebutuhan khusus maka tentu persoalan tersebut juga berhubungan dengan metabolisme sel. Sementara semua reaksi yang terjadi pada proses metabolisme sel atau metabolisme tubuh hingga dapat berjalan dengan normal adalah dipengaruhi oleh keberadaan enzim. Berbicara enzim, maka ujung - ujungnya kembali lagi pada keseimbangan siklus bakteri.

Pada proses metabolisme sel, peranan enzim adalah sebagai biokatalisator. Silahkan baca kembali mengapa enzim disebut biokatalisator pada artikel enzim sebelumnya. Apapun reaksi yang terjadi pada proses metabolisme dikatalis oleh enzim, artinya semua reaksi metabolisme membutuhkan enzim.

Enzim bertanggung jawab dalam kelancaran sistem pencernaan, penyerapan dan pengangkutan nutrisi untuk digunakan oleh sel - sel di seluruh tubuh. Peranan enzim yang lain adalah membereskan sampah hasil metabolisme tubuh. Bila kesulitan membayangkan, bayangkan saja di dalam enzim terdapat banyak mikroba - mikroba probiotik (mikroba/bakteri yang menguntungkan) yang bergerak kesana kemari dalam setiap fungsi enzim, karena merekalah satu satunya makhluk hidup di dalam tubuh.

Peranan Enzim pada Proses Metabolisme

Pada proses metabolisme sel, enzim sudah mulai bekerja sejak makanan/minuman masuk ke mulut. Di dalam mulut, makanan dikunyah dan bercampur dengan ludah (saliva). Enzim ptyalin yang terdapat dalam ludah mulai mencerna lemak dan karbohidrat yang terkandung dalam makanan. Sampai di lambung, getah lambung yang mengandung asam klorida, faktor intrinsik (zat yang dihasilkan pada lambung) dan pepsin mulai mencerna protein serta memisahkan mineral dari makanan. Disamping itu, lambung juga mengeluarkan enzim lain, yaitu lipase dan renin untuk menyempurnakan pencernaan lemak. Selanjutnya di usus kecil dan usus besar, proses pencernaan diselesaikan untuk kemudian diserap tubuh, tentu saja dengan bantuan aneka bakteri probiotik (bakteri yang menguntungkan) yang menghasilkan berbagai jenis enzim di dalam usus.

Itulah pentingnya peranan enzim bagi metabolisme sel (metabolisme tubuh). Hampir semua proses biologis sel dapat berlangsung dengan cepat atas hubungan antara keseimbangan siklus bakteri dan produk hasil aktivitas mikroba, yaitu enzim. Karena itu bila salah satu dari aktivitas keduanya terganggu maka reaksi metabolisme sel jadi terhambat, sehingga pertumbuhan sel tubuh juga ikut terganggu. Akibatnya akan terjadi penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan tubuh tak mudah melepaskan diri dari berbagai gangguan atau penyakit yang menyerang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »